Bisa Pantau Anggota Keluarga di Layanan Google

Kompas.com - 24/05/2017, 17:21 WIB
Google Family Group Google Google Family Group
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google merilis fitur baru bertajuk "family group" di beberapa layanannya, seperti YouTube TV, Calendar, Keep, dan Photos. Sesuai namanya, fitur itu dirancang untuk keluarga agar semakin mudah membagi konten-konten digital bagi sesama anggotanya.

Tiap family group berisi maksimal enam anggota, di mana salah satunya menjadi "manager" yang tugasnya lebih kurang sebagai admin akun grup. Manager bisa menyetel metode pembayaran, memonitor akun untuk anggota di bawah 13 tahun, serta mengizinkan atau memblokir akses ke konten tertentu untuk beberapa orang.

Akun orang tua tak memiliki kekuasaan sebanyak admin, namun bisa menyetujui atau menolak permintaan pembayaran ketika anggota lain hendak membeli konten digital, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Rabu (24/5/2017).

Fungsi family group sejatinya berbeda-beda pada tiap layanan. Di YouTube TV, misalnya, semua anggota bisa mendapat cloud DVR (Digital Video Recorder) dengan penyimpanan tak terbatas alias unlimited.

Sementara itu, family group di Calendar dan Keep memungkinkan para anggota keluarga saling membagi agenda kalendar dan catatan penting. Pada Photos, family group memudahkan anggota saling membagi foto dan video.

Anda bisa saja bergabung ke sebuah family group lantas meninggalkannya dan beralih ke family group lain. Namun, tindakan ini cuma bisa dilakukan sekali setahun.

Untuk sementara, family group ini baru bisa diakses di beberapa negara seperti Australia, Brazil, Kanada, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Belum jelas kapan family group bisa dinikmati masyarakat Tanah Air.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X