Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan "Smartphone", Ini 3 Fokus Sony Pada 2017

Kompas.com - 25/05/2017, 05:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Di tahun 2017 ini, Sony menyatakan akan mengurangi fokusnya di bisnis smartphone. Raksasa elektronik Jepang itu akan fokus pada tiga hal, yakni software konsol game PlayStation, headset VR, dan game mobile.

Rencana fokus Sony di konsol PayStation memang tidak mengherankan. Divisi bisnis PlayStation menyumbang pendapatan terbesar bagi Sony pada tahun lalu.

Konsol PlayStation 4 (PS4) sendiri mencatat penjualan 50 juta unit pada Desember 2016 lalu, semenjak pertama kali dijual pada November 2013. Hingga akhir 2017 sendiri, PS4 diprediksi bakal terjual sebanyak 78 juta unit.

Untuk headset VR, Sony menginginkan agar perangkat tersebut tidak hanya digunakan untuk gaming, melainkan juga di luar itu. Hal ini sejalan dengan pernyataan CEO Kaz Hirai awal tahun ini yang ingin menyatukan teknologinya ke area hiburan yang lain.

Sementara untuk game mobile, dikutip KompasTekno dari MobileSyrup, Kamis (25/5/2017), Sony ingin membuat kesempatan baru melalui konten mobile di area Jepang dan Asia.

Langkah Sony ini tampaknya mengikuti jejak Nintendo, yang sukses menjual lisensi beberapa judul game-nya ke platform mobile, seperti Pokemon Go dan Super Mario Run.

Akan lebih banyak lagi hak kekayaan intelektual Sony, termasuk judul-judul game, yang bakal dibisniskan pada 2017 ini.

Belum diketahui bagaimana skema bisnis Sony dalam merilis judul-judul game mobile, atau juga mengembangkannya ke semua negara.

Baca: Sony Bikin Sensor Mata untuk Mobil Tanpa Sopir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com