Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Windows 10 Khusus Pemerintah China

Kompas.com - 26/05/2017, 12:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft mengembangkan sistem operasi Windows 10 khusus untuk pemerintah China. OS tersebut dinamakan Windows 10 China Government Edition.

OS khusus China itu dikembangkan menggunakan Windows 10 Enterprise Edition sebagai dasarnya. Windows 10 China Government Edition ini dikatakan memiliki sedikit perbedaan dengan Windows 10 biasa. Apakah itu?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari blog Windows, Jumat (26/5/2017), Windows 10 tersebut bisa dipasang teknologi enkripsi atau kunci buatan pemerintah China sendiri.

"Windows tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pengamanan, identitas, pemasangan aplikasi, dan manageability yang dibutuhkan pemerintah serta perusahaan," ujar Head of the Windows and Device Group, Terry Myerson.

"Sebagai tambahan, Windows 10 China Government Edition akan memberi pilihan agar penggunanya bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan pemerintah setempat," katanya.

Sebelumnya, pada 2014, sistem operasi Windows sempat diblokir dan tidak dimasukkan ke dalam daftar procurement pemerintah.

Sejak saat itu, baru kali ini Microsoft mengumumkan akan adanya sistem operasi Windows khusus pemerintah China.

Selain China, sudah ada beberapa negara dan lembaga lain yang mengadopsi sistem operasi seperti ini. Mereka adalah Departemen Pertahanan AS, Australian Health Deparment, dan Italian Ministry of Defence.

Baca: Microsoft Siapkan Browser Kebal Malware

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com