Microsoft Bikin Windows 10 Khusus Pemerintah China

Kompas.com - 26/05/2017, 12:48 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Microsoft mengembangkan sistem operasi Windows 10 khusus untuk pemerintah China. OS tersebut dinamakan Windows 10 China Government Edition.

OS khusus China itu dikembangkan menggunakan Windows 10 Enterprise Edition sebagai dasarnya. Windows 10 China Government Edition ini dikatakan memiliki sedikit perbedaan dengan Windows 10 biasa. Apakah itu?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari blog Windows, Jumat (26/5/2017), Windows 10 tersebut bisa dipasang teknologi enkripsi atau kunci buatan pemerintah China sendiri.

"Windows tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pengamanan, identitas, pemasangan aplikasi, dan manageability yang dibutuhkan pemerintah serta perusahaan," ujar Head of the Windows and Device Group, Terry Myerson.

"Sebagai tambahan, Windows 10 China Government Edition akan memberi pilihan agar penggunanya bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan pemerintah setempat," katanya.

Sebelumnya, pada 2014, sistem operasi Windows sempat diblokir dan tidak dimasukkan ke dalam daftar procurement pemerintah.

Sejak saat itu, baru kali ini Microsoft mengumumkan akan adanya sistem operasi Windows khusus pemerintah China.

Selain China, sudah ada beberapa negara dan lembaga lain yang mengadopsi sistem operasi seperti ini. Mereka adalah Departemen Pertahanan AS, Australian Health Deparment, dan Italian Ministry of Defence.

Baca: Microsoft Siapkan Browser Kebal Malware

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.