Kompas.com - 26/05/2017, 13:58 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - DJI merilis drone berukuran mini yang diberi nama Spark. Selain ukuran yang mungil, drone ini dibekali sejumlah fitur canggih dan harga relatif terjangkau.

Salah satu di antaranya, DJI Spark memiliki Gesture Mode yang membuatnya sanggup menerima perintah dengan cara memindai gestur atau bahasa tubuh penggunanya. Misalnya, pengguna cukup membuat gerakan memotret untuk memerintahkan drone memotret dirinya atau menggerakkan tangan untuk memerintahkan bergerak ke arah tertentu.

Selain itu drone mungil ini juga bisa diluncurkan dari telapak tangan dan memiliki jalur penerbangan otomatis. Ada juga fitur 3D Sensing System untuk memindai dan menghindari penghalang di jalur terbangnya.

Bila ingin melakukan manuver-manuver sulit, pengguna bisa menghentikan mode penerbangan otomatis dan beralih mengendalikan DJI Spark memakai remote atau smartphone.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Jumat (26/5/2017), DJI Spark memiliki kamera bersensor 1/2.3 inci CMOS untuk menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel dan video 1080p. Kamera ini dipasang pada sebuah gimbal dengan 2-axis stabilizer.

Saat ini DJI Spark sudah bisa dipesan di AS dengan harga 500 dollar AS atau sekitar Rp 6,6 juta, untuk paket pembelian berupa drone, baterai, tiga pasang baling-baling, dan sebuah USB charger.

Pengguna juga bisa membayar lebih mahal, yakni 700 dollar AS atau sekitar Rp 9,3 juta untuk paket berisi drone, dua baterai, dua pasang baling-baling, remote, pelindung baling-baling, charging hub, tas selempang, dan kabel-kabel.

Harga tersebut bisa dikatakan sebagai yang termurah di antara drone lain buatan DJI. Sebagai perbandingan, DJI Mavic Pro yang terakhir diluncurkannya memiliki banderol harga 1.179 dollar AS atau sekitar Rp 15 juta.

Baca: DJI Bikin Drone Berkamera 100 Megapiksel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.