Kompas.com - 27/05/2017, 08:05 WIB
Jam pasir rancangan desainer Apple Marc Newson. HodinkeeJam pasir rancangan desainer Apple Marc Newson.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Marc Newson adalah seorang desainer kenamaan yang berada di balik perangkat arloji pintar Apple Watch. Belakangan, dia berkolaborasi dengan situs jam tangan Hodinkee untuk membuat sebuah jam pasir mewah.

Harga jam pasir rancangan Newson ini tak tanggung-tanggung. Banderolnya mencapai 12.000 dollar AS atau hampir Rp 160 juta.

Apa istimewanya? Jam pasir setinggi 150 mm tersebut terbuat dari bahan kaca borosilicate yang diklaim sangat jernih dan lebih kuat dari kristal. Isinya bukan pasir, melainkan bola-bola kecil bernama nanoballs.

Berdiameter 0,6mm, nanoballs terbuat dari bahan baja berlapis tembaga. Total ada lebih dari 1,2 juta nanoballs di dalam jam pasir rancangan Newson.

Si jam pasir yang bernama Marc Newson Hourglass sendiri berfungsi layaknya perangkat sejenis. Nanoball akan mulai mengalir dari satu sisi ke sisi lain melalui lubang kecil di tengah ketika jam pasir dibalikkan.

Hodinkee Bola-bola nanoballs di dalam jam pasir rancangan Marc Newson.

Total waktu yang diperlukan semua nanoball untuk berpindah ke sisi lain ini persis 10 menit sehingga jam pasir bisa digunakan untuk mengukur periode waktu sejumlah itu.

“Mengamati Hourglas adalah pengalaman multi-sensor yang tidak bisa diungkapkan dalam kata-kata,” sebut Hodinkee dalam laman berisi penjelasan produk Marc Newson Hourglass, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (27/5/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layaknya barang mewah, Hourglass hanya dibuat terbatas sebanyak 100 buah. Masing-masingnya datang dengan alas berbahan kulit dan sepasang sarung tangan putih supaya jam pasir tak ternoda sidik jari si pemilik saat dipegang.

Peminatnya mesti terlebih dahulu menaruh deposit sebesar 6.000 dollar AS (Rp 80 juta) dan menunggu beberapa bulan sebelum pesanan dikirim.

Baca: Apple Punya Simpanan Uang Tunai Rp 3.000 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.