Samsung Galaxy S8 dan LG G6 Dibanting, Kuat Mana?

Kompas.com - 30/05/2017, 08:04 WIB
Samsung Galaxy S8 dipamerkan saat peluncurannya di Indonesia, Selasa (2/5/2017). Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comSamsung Galaxy S8 dipamerkan saat peluncurannya di Indonesia, Selasa (2/5/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S8 dan LG G6 bisa dibilang sebagai duo ponsel Android terbaik keluaran tahun ini. Keduanya menyematkan fitur, desain, serta spesifikasi mumpuni ala perangkat flagship.

Lantas, jika ditilik dari kekuatan fisik, siapa yang lebih tangguh? PhoneArena mengadu ketahanan Samsung Galaxy S8 dan LG G6 atas bantingan atau kerap disebut drop test.

Pengujian dilakukan secara bertahap dan direkam dalam sebuah video berdurasi 9 menit, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (30/5/2017).

Baca: Star, Android Penerus Samsung Galaxy S8

Sebagai catatan, Samsung Galaxy S8 dilindungi dengan Gorilla Glass 5 di sisi depan dan belakang. Sementara itu, LG G6 dilindungi dengan Gorilla Glass 3 pada sisi depan dan Gorilla Glass 5 pada sisi punggung.

Pada drop test pertama, kedua ponsel dijatuhkan dari ketinggian sekitar 0,9 meter. Tampak lecet pada sisi punggung bagian kanan Samsung Galaxy S8, sementara LG G6 tak terlalu berdampak.

Pengujian kedua masih dari ketinggian 0,9 meter, tapi dijatuhkan dengan wajah ponsel menghadap ke bawah, alias face drop. Hasilnya, Samsung Galaxy S8 pecah di bagian ujung kiri sisi atas.

Pada LG G6, lecetnya lebih luas dan tersebar di sekujur wajah ponsel. Ini membuktikan ketangguhan Gorilla Glass 5 pada Samsung Galaxy S8 yang lebih apik ketimbang Gorilla Glass 3 pada LG G6.

Oik Yusuf/KOMPAS.com LG G6 resmi dirilis di Indonesia dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (20/4/2017).
Pada tahap ketiga, PhoneArena mencoba menjatuhkan kedua flagship dari ketinggian 1,5 meter dari sisi samping. Sisi samping Samsung Galaxy S8 pecah, namun ponsel masih bekerja dengan baik.

Pada LG G6, dampaknya lebih melebar. Tak cuma sisi-sisiannya yang pecah, tapi juga modul kamera dan flash-nya. Meski demikian, ponsel masih bisa membidik foto dengan kamera.

Baca: LG G6 Anti-air dan Tahan Jatuh, Bagaimana Kalau Rusak?

Pada akhirnya, layar Gorilla Glass milik LG G6 lebih banyak cedera ketimbang Samsung Galaxy S8. Meski demikian, kedua ponsel tetap bisa bekerja meski berkali-kali dijatuhkan.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X