Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Zaha Hadid yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Kompas.com - 31/05/2017, 07:38 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Wikipedia

KOMPAS.com - Mesin pencari Google hari ini, Rabu (31/5/2017), dihiasi doodle yang memperlihatkan seorang perempuan berkulit sawo matang. Ia berada di samping bangunan dengan cita rasa arsitektur kelas atas.

Ilustrasi perempuan itu tak lain adalah Zaha Hadid. Ia merupakan arsitek Britania kelahiran Irak. Lantas apa spesialnya sehingga Zaha Hadid dijadikan doodle oleh Google?

Zaha Hadid merupakan perempuan sekaligus Muslim pertama yang meraih penghargaan Pritzker, yakni penghargaan paling bergengsi untuk seorang arsitek. Ia meraihnya pada 2004 lalu.

(Baca Dunia Berduka, Mengenang Zaha Hadid sebagai Diva Arsitektur)

Tak cuma itu penghargaan bergengsi yang ia peroleh. Pada 2010 dan 2011, Zaha Hadid meraih penghargaan Stirling yang bergengsi. Beberapa tahun setelahnya, pada 2015, ia mendapat Dame Commander of the Order of the British Empire.

Zaha Hadid menjadi perempuan pertama yang diberi penghargaan RIBA Gold Medal. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Kerajaan Inggris.

Jika masih hidup, Zaha Hadid genap berusia 67 tahun hari ini. Namun, ia sudah menutup usia pada Maret 2016 lalu. Salah satu karyanya yang paling ikonik adalah Guangzhou Opera House yang muncul sebagai doodle Google di laman mesin pencari.

(Baca City of Dreams Hotel, Karya Terakhir Mendiang Zaha Hadid)

Beberapa karya legendaris Zaha Hadid lainnya adalah Riverside Museum di Skotlandia, Vitra Fire Station di Jerman, Ordrupgaard Extension di Kopenhagen, Phaeno Science Centre di Wolfsburg, Hungerburgbahn di Innsbruck, Dongdaemun Design Plaza di Seoul, Pierresvives di Montpellier, MAXXI National Museum di Roma, serta Heydar Aliyev Center di Azerbaijan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com