Korea Utara Punya iPad Bikinan Sendiri

Kompas.com - 01/06/2017, 08:06 WIB
Iklan tablet bernama iPad buatan perusahaan Ryonghung asal Korea Utara. GizmodoIklan tablet bernama iPad buatan perusahaan Ryonghung asal Korea Utara.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Meski mengisolasi diri dari dunia luar, negeri komunis Korea Utara dikenal mampu menelurkan sejumlah produk teknologi seperti gadget dan komputer.

Salah satu perangkat terbaru dari negeri pimpinan Kim Jong Un itu berupakan tablet bikinan perusahaan lokal Ryonghung. Nama sang tablet terbilang menarik, yakni iPad.

iPad sebenarnya merupakan merek dagang Apple yang berlaku internasional. Ryonghung agaknya tidak tahu itu, atau malah tidak ambil peduli karena Apple toh tidak akan berupaya masuk ke Korea Utara. Apalagi menuntut hak atas merek dagangnya di sana.

Kendati namanya sama, tablet Ryonghung memiliki tampilan yang sama sekali tidak mirip dengan iPad besutan Apple. Tampangnya lebih mirip netbook jadul dengan layar kecil dan papan ketik.

Tablet ini bisa melakukan berbagai fungsi seperti membaca informasi digital, pekerjaan kantor, dan dokumentasi dari sumber-sumber berbeda. Tablet juga dibekali lebih dari 40 aplikasi,” tulis Ryonghung dalam promosi iPad berbahasa Inggris.

Spesifikasi teknisnya mencakup prosesor quad-core 1,2 GHz, RAM 2 GB, media penyimpanan 8 GB, berikut kabel HDMI, dan koneksi jaringan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Kamis (1/6/2017).

Sistem operasinya tidak diketahui, tapi kemungkinan berbasis Android seperti sebuah tablet sebelumnya yang pernah muncul pada 2013 dan memiliki spesifikasi serupa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Korea Utara bukan sekali ini saja meniru produk Apple secara terang-terangan. Beberapa tahun lalu, misalnya, sebuah perusahaan Korea Utara diketahui memamerkan komputer mirip iMac di sebuah pameran dagang di ibukota Pyongyang.

Lalu, Korut pernah pula diketahui membuat OS desktop bernama “Red Star 3.0” yang memiliki tampilan mirip sistem operasi Mac OS X.

Baca: Korea Utara Hanya Punya 28 Situs Web



Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.