Situs dan Aplikasi OLX Sempat Tumbang 13 Jam, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 01/06/2017, 13:46 WIB
OLX Indonesia sementara waktu tidak dapat diakses screenshotOLX Indonesia sementara waktu tidak dapat diakses
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Situs marketplace OLX Indonesia sempat tak bisa diakses selama sekitar 13 jam sejak Rabu (30/5/2017) malam. Tak cuma itu, aplikasi mobile OLX pun sempat error dan dikeluhkan netizen di Twitter.

Para netizen saling melapor sekaligus meminta penjelasan dari OLX atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Mereka bukan hanya berasal dari pengunjung OLX, tapi juga pemasang iklan, sebagaimana pantauan KompasTekno, Kamis (1/6/2017).
 
"Min, gak bisa olx an? Lagi down yah?" kata akun Twitter @modqin.

"dear @OLX_Indonesia web dan aplksi olx lgi down yah? soalny drtd pgi sya akses gak bsa2,mau nyari dan psang iklan gak bsa,mohon infonya,tq," kata akun @kodim_buble.

Akun Twitter OLX Indonesia (@OLX_Indonesia) pun  membalas keluhan pengunjung dan pengiklan. Menurut penuturannya, eror di situs dan aplikasi OLX beberapa saat lalu merupakan dampak pemeliharaan sistem yang dilakukan secara berkala. 

 
"Maaf atas ketidaknyamanannya ya Modqin, saat ini memang sedang dilakukan maintenance di sistem kami. Mohon bersabar ya :)" begitu balasan akun @OLX_Indonesia ke salah satu keluhan netizen.
 
 
KompasTekno juga menghubungi Public Relation Manager OLX Indonesia, Amelia Virginia, terkait hal ini. Menurut dia, gangguan terjadi pada sistem teknis server pihak ketiga yang digunakan OLX Indonesia.
 
Gangguan itu terjadi ketika traffic pengunjung di situs dan aplikasi OLX Indonesia sedang tinggi, sehingga berdampak pada kestabilan platform.
 
"Kendala di third party yang berimbas pada sistem kami. Sehingga kami perlu melakukan penyesuaian teknis," kata Amelia melalui pesan singkat.
 
Amelia pun sesumbar bahwa OLX telah melakukan pengecekan, perbaikan, dan komunikasi intensif dengan pihak ketiga tersebut. Pantauan terakhir KompasTekno pada Kamis siang sekitar pukul 12.44 WIB, aplikasi sudah bisa dijajal seperti sedia kala.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X