Quick Charge 4 Plus Isi 50 Persen Baterai dalam 15 Menit

Kompas.com - 02/06/2017, 12:05 WIB
Papan nama Qualcomm Inc. di gedung kantornya di La Jolla, California, AS. Konrad Fiedler/BloombergPapan nama Qualcomm Inc. di gedung kantornya di La Jolla, California, AS.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Teknologi pengisian baterai cepat Qualcomm sudah mencapai generasi ke-4 dengan Quick Charge 4 yang diumumkan pada November tahun lalu. Kini, hanya enam bulan setelahnya, Qualcomm mengumumkan standar baru bernama QuickCharge 4+.

Qualcomm mengklaim Quick Charge 4+ mampu mengisi baterai 15 persen lebih cepat dibanding Quick Charge 4. Sebagai ilustrasi, Quick Charge 4+ dijanjikan mampu mengisi baterai dari nol hingga 50 persen dalam waktu hanya 15 menit.

Standar baru ini juga disebut 30 persen lebih efisien dan dingin 3 derajat Celsius sehingga cocok untuk digunakan di perangkat-perangkat baterai portable (power bank).

Fitur-fitur baru pada Quick Charge 4+ mencakup Intelligent Thermal Balancing untuk manajemen suhu, Advanced Safety Features untuk mencegah overheating dan hubungan pendek, serta Dual Charge yang lebih powerful.

Qualcomm Qualcomm QuickCharge 4+ diklaim lebih cepat, lebih efisien, dan lebih dingin dibandingkan QuickCharge 4 sebelumnya.
Berbeda dari Quick Charge 4, Quick Charge 4+ tidak membutuhkan chipset baru. Namun, para pabrikan perangkat perlu menambah fitur-fitur di atas ke perangkatnya lewat serangkaian hardware khusus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (2//6/2017).

Ponsel Snapdragon 835 (dengan Quick Charge 4) yang sudah beredar sekarang pun kemungkinan besar tidak bisa diperbarui hingga mendapat Quick Charge 4+ melalui update software.

Sejauh ini baru ada satu perangkat yang dipastikan telah mendukung Quick Charge 4+, yakni Nubia Z17 yang menggunakan Snapdragon 835, RAM 8 GB, dan baterai 3.200 mAh.


Baca: Tudingan Monopoli yang Dihadapi Qualcomm



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X