Kompas.com - 06/06/2017, 12:10 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Smartphone Android OnePlus 2 belum genap berusia dua tahun. Namun smartphone asal China itu sudah tidak lagi didukung oleh perusahaan pembuatnya, sehingga tak bakal mendapatkan sistem operasi yang lebih baru.

Rata-rata smartphone di pasaran bakal tetap mendapatkan dukungan oleh pembuatnya selama dua tahun. OnePlus sendiri meluncurkan OnePlus 2 pada Agustus 2015 lalu, sehingga usia smartphone tersebut belum genap 2 tahun.

Sebelumnya, OnePlus bahkan sempat berjanji bakal merilis pembaruan sistem operasi Android 7.0 Nougat untuk smartphone OnePlus 2. Namun sekarang, janji tinggal lah janji.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (6/6/2017), OnePlus sama sekali tidak membuat pembaruan sistem operasi Android Nougat untuk OnePlus 2.

OnePlus mengonfirmasi ketiadaan pembaruan sistem operasi tersebut melalui sebuah pernyataan resmi. Isinya menyebutkan bahwa OnePlus 2 tidak akan lagi mendapatkan pembaruan berskala besar.

“Kami sangat menghargai waktu dan upaya Anda menghubungi kami. Meski kami ingin memberikan pembaruan pada OnePlus 2, sekarang sudah tidak bisa karena kami sudah menghentikan pengembangannya,” demikian respon customer support OnePlus terhadap pertanyaan pengguna mengenai pembaruan software.

“Sebagai gantinya, kami tetap akan mendukung garansi terbatas perangkat tersebut, lalu menyediakan informasi baru dan dukungan terbaik yang bisa kami berikan,” imbuhnya.

Walau demikian, pengguna OnePlus 2 tak harus larut dalam kecewa. Masih ada jalan lain. Untuk mengubah sistem operasi OnePlus 2 menjadi Android Nougat, pengguna bisa memanfaatkan beragai ROM yang tersebar di internet. Salah satunya adalah LineageOS 14.1 yang dibuat berdasarkan Android 7.1.1.

Baca: Android Oprekan CyanogenMod Berubah Jadi Lineage

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.