Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Google Cegah "Rating" dan "Review" Curang di Play Store

Kompas.com - 07/06/2017, 14:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google memperketat kebijakan untuk memastikan rating dan review aplikasi di Play Store benar-benar kredibel, tanpa bias dan kecurangan. Sebelumnya, Google telah merilis kebijakan untuk memberantas spam dan penginstalan oleh bot.

Namun ternyata developer  aplikasi punya taktik yang lebih cerdas untuk berbuat curang, yakni dengan “menyuap” netizen.

Misalnya saja dengan memberikan fitur tambahan cuma-cuma lewat mekanisme giveaway atau bahkan membayar netizen untuk memberikan review positif alias endorsement.

Google menyadari gelagat ini, kemudian mengeluarkan kebijakan baru berupa hukuman bagi para developer yang menggunakan rating dan review berbayar, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Rabu (7/6/2017).

Jika ketahuan menggunakan rating dan review berbayar, aplikasi populer bakal dicoret dari jejeran “top list”. Bahkan, risiko terbesarnya adalah penghapusan aplikasi sama sekali dari Google Play Store.

Google belum menjabarkan secara rinci bagaimana mekanismenya mengidentifikasi rating dan review berbayar. Namun, agaknya Google bisa mempelajari pola tertentu.

Ada banyak kejadian “false review” di Google Play Store. Misalnya saja suatu aplikasi dibanjiri komentar positif dan diberi rating tinggi, tapi ketika dijajal sangat mengecewakan.

Kontradiktif-kontradiktif seperti ini yang bakal ditelusuri dan diberantas Google. Jika kebijakan ini berjalan sesuai rencana, semestinya pengguna tak lagi tertipu dengan “false review” di Google Play Store.

Baca: Mengintip Pabrik Pemberi Like Palsu di Media Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com