Cara Google Cegah "Rating" dan "Review" Curang di Play Store

Kompas.com - 07/06/2017, 14:10 WIB
Kini, Google Play Store sudah mendukung mata uang Rupiah Google Play StoreKini, Google Play Store sudah mendukung mata uang Rupiah
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google memperketat kebijakan untuk memastikan rating dan review aplikasi di Play Store benar-benar kredibel, tanpa bias dan kecurangan. Sebelumnya, Google telah merilis kebijakan untuk memberantas spam dan penginstalan oleh bot.

Namun ternyata developer  aplikasi punya taktik yang lebih cerdas untuk berbuat curang, yakni dengan “menyuap” netizen.

Misalnya saja dengan memberikan fitur tambahan cuma-cuma lewat mekanisme giveaway atau bahkan membayar netizen untuk memberikan review positif alias endorsement.

Google menyadari gelagat ini, kemudian mengeluarkan kebijakan baru berupa hukuman bagi para developer yang menggunakan rating dan review berbayar, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Rabu (7/6/2017).

Jika ketahuan menggunakan rating dan review berbayar, aplikasi populer bakal dicoret dari jejeran “top list”. Bahkan, risiko terbesarnya adalah penghapusan aplikasi sama sekali dari Google Play Store.

Google belum menjabarkan secara rinci bagaimana mekanismenya mengidentifikasi rating dan review berbayar. Namun, agaknya Google bisa mempelajari pola tertentu.

Ada banyak kejadian “false review” di Google Play Store. Misalnya saja suatu aplikasi dibanjiri komentar positif dan diberi rating tinggi, tapi ketika dijajal sangat mengecewakan.

Kontradiktif-kontradiktif seperti ini yang bakal ditelusuri dan diberantas Google. Jika kebijakan ini berjalan sesuai rencana, semestinya pengguna tak lagi tertipu dengan “false review” di Google Play Store.

Baca: Mengintip Pabrik Pemberi Like Palsu di Media Sosial

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X