Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

High Sierra, Sistem Operasi Terbaru untuk Komputer Mac dan MacBook

Kompas.com - 09/06/2017, 09:21 WIB

KOMPAS.com - Apple telah merilis sistem operasi terbaru untuk komputer Mac dan laptop MacBook yang diberi nama macOS High Sierra. Penerus macOS Sierra ini dijanjikan mengusung sejumlah fitur terbaik.

Beberapa diantaranya adalah teknologi penyimpanan data terbaru, video dan grafis yang mendukung inovasi masa depan dengan High-Efficiency Video Coding (HEVC) dan Metal 2.

Update sistem operasi ini juga mendukung pembuatan konten berbasis Virtual Reality dan juga Machine Learning serta peningkatan fitur di aplikasi bawaan seperti Notes, Safari, Photos dan beberapa lainnya.

Craig Federighi, SVP Apple of Software Engineering juga menjelaskan bahwa hardware baru yang dikenalkan ditambah dengan macOS High Sierra dapat membuat para pengembang memiliki kesempatan lebih mudah dan luas dalam hal membuat konten berbasis VR.

Fitur-fitur dan pembaruan yang disematkan Apple di macOS High Sierra dapat disimak dari daftar di bawah ini:

APFS

File system baru yang sudah diuji coba pada iOS 10.3 ini akhirnya menjadi standar wajib untuk macOS High Sierra. Apple menjelaskan bawah APFS di macOS High Sierra dapat meningkatkan kecepatan, keamanan dan masa depan sistem penyimpanan data di media Flash Storage.

Proses menyalin data dan folder serta perlindungan terhadap kesalahan sistem juga menjadi beberapa hal penting yang ada di APFS. Tentunya APFS akan tetap mendukung format data generasi sebelumnya yaitu HFS untuk mengakomodasi proses kerja secara maksimal.

Video codec baru dan Metal 2

macOS High Sierra juga menggunakan standar baru di fitur video yaitu HEVC (H.265) untuk layanan video streaming dan playback yang diklaim 40 persen lebih kecil dibandingkan H.264 sebelumnya. Dengan begitu Anda dapat memperoleh proses tampilan video streaming yang lebih maksimal, bahkan dalam resolusi video tinggi.

Masuk ke pembahasan Metal, API untuk terhubung ke GPU di komputer Mac. Apple merilis Metal 2 sebagai dukungan baru untuk pengembang yang banyak bermain dengan akses ke kartu grafis dalam membuat aplikasi atau games.

Di Metal 2 ini juga ada tambahan teknologi Machine Learning, Speech Recognition dan Natural Language untuk membantu pemrosesan dalam bentuk visual.

Apple juga mengenalkan sebuah perangkat keras External Graphic Developer Kit untuk memberikan akses perangkat hardware dan software yang lebih maksimal dalam bentuk dukungan port eksternal via Thunderbolt 3.

Peningkatan di aplikasi bawaan

Sering menggunakan Photos for Mac? Kabar menarik di macOS High Sierra adalah peningkatan app Photos yang cukup signifikan dan membantu kamu dalam hal edit gambar. Yaitu mode Edit dengan Curves, Selective Color, edit Live Photos, kurasi daftar Memories serta mode eksternal editor.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com