Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

High Sierra, Sistem Operasi Terbaru untuk Komputer Mac dan MacBook

Kompas.com - 09/06/2017, 09:21 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple telah merilis sistem operasi terbaru untuk komputer Mac dan laptop MacBook yang diberi nama macOS High Sierra. Penerus macOS Sierra ini dijanjikan mengusung sejumlah fitur terbaik.

Beberapa diantaranya adalah teknologi penyimpanan data terbaru, video dan grafis yang mendukung inovasi masa depan dengan High-Efficiency Video Coding (HEVC) dan Metal 2.

Update sistem operasi ini juga mendukung pembuatan konten berbasis Virtual Reality dan juga Machine Learning serta peningkatan fitur di aplikasi bawaan seperti Notes, Safari, Photos dan beberapa lainnya.

Craig Federighi, SVP Apple of Software Engineering juga menjelaskan bahwa hardware baru yang dikenalkan ditambah dengan macOS High Sierra dapat membuat para pengembang memiliki kesempatan lebih mudah dan luas dalam hal membuat konten berbasis VR.

Fitur-fitur dan pembaruan yang disematkan Apple di macOS High Sierra dapat disimak dari daftar di bawah ini:

APFS

File system baru yang sudah diuji coba pada iOS 10.3 ini akhirnya menjadi standar wajib untuk macOS High Sierra. Apple menjelaskan bawah APFS di macOS High Sierra dapat meningkatkan kecepatan, keamanan dan masa depan sistem penyimpanan data di media Flash Storage.

Proses menyalin data dan folder serta perlindungan terhadap kesalahan sistem juga menjadi beberapa hal penting yang ada di APFS. Tentunya APFS akan tetap mendukung format data generasi sebelumnya yaitu HFS untuk mengakomodasi proses kerja secara maksimal.

Video codec baru dan Metal 2

macOS High Sierra juga menggunakan standar baru di fitur video yaitu HEVC (H.265) untuk layanan video streaming dan playback yang diklaim 40 persen lebih kecil dibandingkan H.264 sebelumnya. Dengan begitu Anda dapat memperoleh proses tampilan video streaming yang lebih maksimal, bahkan dalam resolusi video tinggi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.