Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurus Ampuh Mengobati iPhone yang Mulai Lelet

Kompas.com - 09/06/2017, 15:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu alasan kenapa iPhone dipilih oleh banyak orang adalah karena antarmukanya yang mulus dan lancar.

Namun seiring dengan pemakaian, seperti halnya gadget lain, performa perangkat akan menurun sehingga seringkali iPhone terasa lambat.

Kadang-kadang, upgrade ke sistem operasi iOS terbaru juga bisa menjadi penyebabnya, membuat iPhone generasi lama justru jadi lemot. (Baca: iPhone 5 Tak Kebagian iOS 11)

Jika merasa performa iPhone sudah tidak seperti sedia akala, berikut adalah trik-trik yang bisa dilakukan pemilik iPhone lama untuk mempercepat kinerjanya, seperti dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber:

1. Restart

Restart menjadi jalan keluar tercepat dan termudah jika iPhone sudah mulai lemot. Dengan restart, aneka cache yang tidak terpakai akan dibersihkan.

Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan slide switch di layar untuk mematikan iPhone. Begitu mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake hingga logo Apple muncul.

2. Matikan efek visual

Efek visual di antarmuka menu memang membuat iPhone terlihat keren, namun hal itu juga membebani hardware. Untuk mematikan fitur tersebut, bua menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast lalu ubah menu Reduce Transparency ke On.

Anda juga bisa mematikan fitur motion lewat menu Settings > General > Accessibility lalu mengaktifkan pilihan Reduce Motion ke On.

3. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Periksa semua aplikasi dan game yang terpasang dalam iPhone, lalu uninstall yang tidak dibutuhkan atau jarang dipakai.

Bersikaplah tegas. Aplikasi dan game yang jarang dipakai justru memenuhi memori dan berpotensi membebani sistem, seperti saat berjalan di background.

4. Matikan Siri

Siri adalah fitur asisten pribadi dalam iOS. Siri bisa memberikan saran saat melakukan pencarian dalam iOS 9, namun hal itu juga membuat smartphone jadi lemot.

Untuk mematikannya, buka menu Settings > General > Spotlight Suggestions > Siri Suggestions.

Fitur lain yang juga membebani sistem adalah "Hey Siri." Jika ingin mematikannya, buka menu Settings > General > Siri.

5. Matikan download otomatis

Buka menu Automatic Downloads melalui Settings > App and iTunes Stores. Jika iPhone Anda menjadi satu-satunya perangkat yang terhubung dengan Apple ID, maka biarkan pilihan ini menyala (On).

Namun jika Anda memiliki banyak perangkat dengan satu Apple ID, maka perangkat lain juga akan mengunduh update aplikasi yang sebenarnya tidak Anda gunakan atau tidak dibutuhkan dalam iPhone Anda.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com