Kompas.com - 12/06/2017, 15:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Google telah mengumumkan rencananya untuk berhenti memberikan dukungan pada perangkat Nexus dan Pixel. Penghentian tersebut akan mulai dilakukan 2018 mendatang.

Setelah Google menghentikan dukungannya, pengguna perangkat Nexus dan Pixel tidak lagi bakal mendapatkan layanan bantuan secara online atau melalui telepon.

Selain itu, Nexus dan Pixel juga tidak lagi mendapat pasokan pembaruan software dan keamanan sama sekali. Setidaknya ada beberapa seri yang bakal berhenti mendapat dukungan, yakni Nexus 5X, 6, 6P, 9, serta Pixel dan Pixel XL.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (12/6/2017), penghentian dukungan tersebut memang sudah lazim. Pada saat peluncuran Nexus dan Pixel sendiri, Google telah mengatakan akan terus memberikan dukungan software, layanan bantuan online serta telepon selama minimal dua tahun.

Janji tersebut ditepati oleh Google. Nexus 5X yang dibuat oleh LG dan Nexus 6P yang dibuat oleh Huawei tidak akan mendapat dukungan lagi setelah September 2018.

Nexus 6 dan 9, yang lebih lawas, sudah tidak mendapatkan pembaruan software tapi masih bisa mendapatkan pembaruan keamanan hingga Oktober 2017 ini.

Sedangkan Pixel dan Pixel XL, yang diluncurkan pada 2016 lalu, masih bisa mendapatkan pembaruan software Android hingga Oktober 2018. Namun pasca tanggal tersebut, Pixel dan Pixel XL hanya akan mendapatkan pembaruan keamanan saja.

Pembaruan keamanan untuk Pixel dan Pixel XL akan dihentikan pada Oktober 2019, bersamaan dengan dihentikannya dukungan layanan bantuan online dan telepon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ENGADGET


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.