Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 11 Punya Fitur Berbagi "Password" Ruwet

Kompas.com - 12/06/2017, 16:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Jaringan Wi-Fi tak ubahnya oase bagi masyarakat modern yang haus internet. Ketika nongkrong di kafe atau bertandang ke rumah teman, salah satu hal yang kerap ditanyakan adalah password Wi-Fi.

Di tempat-tempat umum seperti restoran dan mall, password Wi-Fi bisa jadi tak ruwet. Namun, di perkantoran atau rumah pribadi, password Wi-Fi biasanya sengaja dibikin kompleks agar tak sembarangan diakses orang jahil.

Masalahnya, ketika ada teman yang bertanya password Wi-Fi di rumah atau kantor, Anda akan ribet memberikan jawaban. Mungkin saja Anda lupa password-nya karena terlalu panjang, atau Anda malas menyebutkannya karena ruwet.

Apple memahami permasahalan ini sehingga merilis fitur “Share Your Wi-Fi” di sistem operasi iOS 11 teranyar, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (12/6/2017) dari Engadget.

Apple Share Your Wi-Fi di iOS 11

Dengan begitu, Anda tak perlu lagi mengingat password Wi-Fi yang sulit. Anda bisa langsung membagikannya ke teman tertentu yang meminta dan Anda izinkan.

Ketika hendak membagi Wi-Fi, Anda cuma perlu memilih jaringan Wi-Fi yang sudah tersambung ke ponsel Anda lantas memilih “Share Your Wifi” dan “Send Password” ke ponsel yang meminta.

Setelahnya, ponsel teman akan otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa menekan password sama sekali. Fitur ini adalah satu dari beberapa lainnya yang menjadi pembaruan di iOS 11.

Ada fitur “Type to Siri”, menghapus aplikasi tak berguna secara otomatis, teks tebal, password autofill, auto pausing saat update, screen recording, smart invert, dan masih banyak lagi.

iOS 11 masih dalam tahap perkenalan di ajang WWDC 2017 pekan lalu. Belum jelas kapan sistem operasi ini akan dirilis secara komersil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com