Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungguli Apple, Xiaomi Kuasai Pasar Gadget "Wearable"

Kompas.com - 12/06/2017, 19:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber IDC

KOMPAS.com - Industri wearable menunjukkan peningkatan minat pasar pada kuartal pertama 2017. Selama tiga bulan pertama tahun ini, para vendor menjual tak kurang dari 24,7 juta perangkat wearable.

Angka itu naik 17,9 persen dari kuartal pertama 2016, di mana para vendor hanya menjual 20,9 juta perangkat wearable. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma penelitian International Data Corporation (IDC).

Lebih lanjut, dua vendor yang mendominasi pasar adalah Xiaomi dan Apple. Xiaomi sendiri unggul tipis atas Apple, sebagaimana terlampir pada laporan IDC yang dihimpun KompasTekno, Senin (12/6/2017).

Xiaomi menjual 3,6 juta wearable sepanjang kuartal pertama 2017 dengan raihan pangsa pasar 14,7 persen. Sejatinya, angka itu menurun 3,3 persen dari penjualan 3,8 juta unit wearable pada kuartal yang sama tahun lalu.

Peningkatan signifikan ditunjukan Apple dengan persentasi pertumbuhan 64,1 persen. Pabrikan Cupertino itu juga menjual 3,6 juta unit wearable pada kuartal ini, sementara sebelumnya cuma 2,2 juta. Pangsa pasar Apple sendiri pada kuartal pertama 2017 mencapai 14,6 persen.

IDC Laporan industri wearable pada kuartal pertama 2017

Peralihan ke smartwatch

Menurut IDC, minat pasar berangsur beralih dari wearable berjenis fitness band ke smartwatch. Fenomena ini menjadi kesempatan emas bagi Xiaomi dan Apple untuk merebut posisi produsen fitness band Fitbit yang sebelumnya menguasai pasar wearable.

“Xiaomi kuat dengan perangkat wearable murah di pasar China dan Apple bisa memperbesar skalanya untuk smartwatch di pasar global,” kata tim peneliti IDC, Ramon Llamas.

Di bawah Xiaomi dan Apple, Fitbit masih memegang peran di posisi ketiga. Fitbit menjual 3 juta unit wearable sepanjang kuartal pertama 2017.

Angka itu menurun drastis sebanyak 37,7 persen dari penjualan 4,9 juta unit wearabel pada 2016. Selanjutnya, di posisi keempat dan kelima ada Samsung dan Garmin yang masing-masing menjual 1,4 juta dan 1,1 juta unit wearable dalam tiga bulan terakhir.

Penjualan wearable Samsung meningkat paling masif, yakni mencapai 90,8 persen dari penjualan 0,7 juta unit wearable pada tahun sebelumnya. Garmin menanjak pelan dengan peningkatan 1,6 persen dari penjualan sebelumnya.

Baca: Ini Dia, Harga Resmi Xiaomi Mi Band 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com