Go-Jek Klaim Kalahkan Grab dan Uber di Indonesia

Kompas.com - 13/06/2017, 18:08 WIB
Nadiem Makarim, pendiri dan CEO Go-Jek Oik Yusuf/ Kompas.comNadiem Makarim, pendiri dan CEO Go-Jek

KOMPAS.com - CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, mengklaim layanan ride-sharing miliknya telah memenangkan kompetisi di Indonesia. Dalam hal ini, dua rival utama Go-Jek adalah Uber dan Grab.

“Untuk kompetisi, kami jelas nomor satu di industri,” kata dia dalam sebuah konferensi yang digelar di Hongkong, sebagaimana dilaporkan WSJ dan dihimpun KompasTekno, Selasa (13/6/2017).

Nadiem menjabarkan bahwa aplikasi Go-Jek digunakan secara aktif oleh 10 juta orang setiap minggu. Ia mempertegas bahwa angka itu dikeluarkan oleh firma penelitian App Annie.

“Bukan per bulan tapi per minggu,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa sejauh ini aplikasi Go-Jek telah diunduh sebanyak 40 juta kali oleh netizen Tanah Air. Sebanyak 50 persen pangsa pasar ride-sharing di Indonesia, kata Nadiem, diraup Go-Jek.

Tak cuma itu, fitur pengantar makanan digital alias online food-delivery milik Go-Jek  yang dinamai Go-Food disebut menguasai 95 persen pangsa pasar di Indonesia.

Baca: Dikabarkan Dapat Dana Rp 16 Triliun, Nilai Go-Jek Ditaksir Capai Rp 40 Triliun

Ketika ditilik KompasTekno di toko aplikasi Google Play Store, pengunduh Go-Jek terhitung sebanyak 10 juta. Sementara itu, data pengunduh di platform iOS tak teridentifikasi.

Layanan Go-Jek sendiri bukan cuma terdiri dari ride-sharing bertajuk Go-Ride dan Go-Car. Ada beberapa fitur lainnya seperti Go-Food, Go-Tix, Go-Med, Go-Send, Go-Mart, Go-Box,  dan Go-Busway.

Ada pula aplikasi turunan Go-Jek bernama Go-Life yang di dalamnya mencakup Go-Massage, Go-Clean, Go-Auto, dan Go-Glam. Selain itu, Go-Jek juga memiliki fitur dompet digital Go-Pay dan bonus pemakaian Go-Points.

Go-Jek belum pernah merinci angka pengguna aktif pada tiap fitur yang disediakan. Setiap ditanya, pihak Go-Jek berdalih bahwa lebih dari 50 persen penggunanya memanfaatkan layanan ride-sharing Go-Ride.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X