Google Bakal Bikin Prosesor Sendiri untuk Smartphone Pixel?

Kompas.com - 14/06/2017, 15:51 WIB
Smartphone Google Pixel GoogleSmartphone Google Pixel
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google dikabarkan sedang menggodok rencana pengembangan desain prosesor untuk disematkan pada lini produk Pixel terbarunya. Selama ini gadget Android khususnya smartphone Pixel menggunakan prosesor mobile buatan Qualcomm, Snapdragon.

Rencana tersebut terindikasi dari keputusan Google untuk merekrut seorang mantan pegawai Apple yang berpengalaman dalam desain prosesor.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (14/6/2017), pegawai tersebut bernama Manu Gulati dan kini menjabat sebagai Lead System on Chip Architech untuk Google.

Gulati sendiri memiliki banyak pengalaman dengan prosesor. Dia pernah bekerja dengan AMD dan Broadcom, dua perusahaan prosesor besar Amerika Serikat.

Berikutnya dia menghabiskan waktu delapan tahun bekerja di tim pengembangan desain prosesor Apple, sebelum akhirnya direkrut oleh Google. Bersama Apple, Gulati membantu desain berbagai chip yang digunakan oleh iPhone, iPad dan Apple TV.

Sedangkan di Google, peran Gulati masih belum jelas. Kemungkinan besar Google membutuhkannya untuk membantu desain prosesor untuk Pixel, Chromebook, Android TV atau Android Wear.

Selain merekrut Gulati, kabarnya Google juga sedang mencari desainer chip lain untuk melengkapi anggota timnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X