Kompas.com - 15/06/2017, 15:15 WIB
Fitur Backup and Sync baru di Google Drive The VergeFitur Backup and Sync baru di Google Drive
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google memodifikasi aplikasi penyimpanan cloud Drive miliknya dengan fitur Backup dan Sync, sehingga bisa dipakai untuk mengamankan dan menyimpan seluruh data dalam komputer desktop atau laptop.

Biasanya pengguna mesti memindahkan file miliknya ke dalam folder Google Drive untuk melakukan sinkronisasi. Namun hal tersebut berubah dengan adanya fitur baru ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (15/6/2017), Backup and Sync membuat seluruh data yang ada di dalam komputer, folder atau berbagai lokasi spesifik lainnya, bisa dimonitor dan disalin ke dalam Google Drive.

Selain itu, fitur Backup and Sync juga dapat digunakan untuk memonitor dan membuat salinan foto atau gambar. Ini mirip dengan fungsi aplikasi desktop Google Photos.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengunduh Google Photos dan Drive sekaligus. Cukup memasang satu Google Drive saja untuk bisa mendapatkan fitur sinkronisasi dokumen serta foto.

Rencananya Backup and Sync ini akan mulai diluncurkan pada 28 Juni mendatang untuk MacOS dan Windows. Perilisan tahap awal itu hanya ditujukan untuk konsumen umum, belum bisa diakses oleh pelanggan Google Drive edisi perusahaan.

Satu hal yang perlu dicatat, meski Google Drive bisa dipakai untuk membuat backup seluruh data di komputer, layanan cloud itu memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Pengguna hanya mendapatkan 15 GB gratis, sedangkan untuk memperbesarnya perlu membayar biaya berlangganan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.