Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Drive Bakal Bisa Backup Seluruh Isi Komputer

Kompas.com - 15/06/2017, 15:15 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google memodifikasi aplikasi penyimpanan cloud Drive miliknya dengan fitur Backup dan Sync, sehingga bisa dipakai untuk mengamankan dan menyimpan seluruh data dalam komputer desktop atau laptop.

Biasanya pengguna mesti memindahkan file miliknya ke dalam folder Google Drive untuk melakukan sinkronisasi. Namun hal tersebut berubah dengan adanya fitur baru ini.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (15/6/2017), Backup and Sync membuat seluruh data yang ada di dalam komputer, folder atau berbagai lokasi spesifik lainnya, bisa dimonitor dan disalin ke dalam Google Drive.

Selain itu, fitur Backup and Sync juga dapat digunakan untuk memonitor dan membuat salinan foto atau gambar. Ini mirip dengan fungsi aplikasi desktop Google Photos.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi mengunduh Google Photos dan Drive sekaligus. Cukup memasang satu Google Drive saja untuk bisa mendapatkan fitur sinkronisasi dokumen serta foto.

Rencananya Backup and Sync ini akan mulai diluncurkan pada 28 Juni mendatang untuk MacOS dan Windows. Perilisan tahap awal itu hanya ditujukan untuk konsumen umum, belum bisa diakses oleh pelanggan Google Drive edisi perusahaan.

Satu hal yang perlu dicatat, meski Google Drive bisa dipakai untuk membuat backup seluruh data di komputer, layanan cloud itu memiliki kapasitas penyimpanan terbatas. Pengguna hanya mendapatkan 15 GB gratis, sedangkan untuk memperbesarnya perlu membayar biaya berlangganan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com