Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Instagram Bantu Sembunyikan Foto Memalukan

Kompas.com - 15/06/2017, 16:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Saat pertama kali memakai Instagram dulu, sebagian pengguna mungkin pernah bereksperimen dengan aneka filter yang malah membuat foto terlihat norak.

Foto-foto awal yang biasanya mengendap di dasar linimasa ini berpotensi memalukan apabila terlihat orang lain, tapi sayang apabila dihapus. Adakah cara untuk menyembunyikan mereka tanpa perlu dilenyapkan selamanya?

Pekan ini, Instagram mulai menggulirkan fitur Archive untuk mengatasi masalah tersebut. Archive sebelumnya sudah sempat dujicoba ke sebagian pengguna pada Mei lalu.

Bulan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (15/6/2017), Archive sudah tersedia untuk semua pengguna.

Archieve didefinisikan sebagai fitur untuk memindahkan foto-foto tertentu -misalnya foto-foto awal yang norak tadi- ke tempat arsip khusus yang hanya bisa dilihat oleh si pemilik akun Instagram.

“Profil adalah representasi diri Anda dan berevolusi seiring dengan waktu. Dengan Archive, kini Anda punya fleksibilitas lebih dalam membentuk profil sambil tetap mengabadikan momen-momen penting,” sebut Instagram dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Cara memakainya mudah saja. Pengguna cukup membuka posting foto yang ingin dipindahkan, klik tanda tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Archive”. Foto pun akan ditransfer ke ruang arsip khusus sehingga tak terlihat di timeline utama.

Ruang arsip yang menyimpan foto bisa dikunjungi dengan mengklik icon berbentuk jam di bagian atas laman profil pengguna. Apabila ingin mengembalikan foto yang telah diarsip ke tempatnya semula di linimasa, buka foto yang bersangkutan, klik icon tiga titik dan pilih opsi “Show on Profile”.

Archive tersedia di aplikasi Instagram mulai versi 10.21 di iOS dan Android. Pengguna bisa mengunduhnya di toko aplikasi masing-masing platform.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com