Fitur Baru Instagram Bantu Sembunyikan Foto Memalukan

Kompas.com - 15/06/2017, 16:05 WIB
Fitur Archive untuk menyembunyikan foto di tempat khusus di Instagram. InstagramFitur Archive untuk menyembunyikan foto di tempat khusus di Instagram.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Saat pertama kali memakai Instagram dulu, sebagian pengguna mungkin pernah bereksperimen dengan aneka filter yang malah membuat foto terlihat norak.

Foto-foto awal yang biasanya mengendap di dasar linimasa ini berpotensi memalukan apabila terlihat orang lain, tapi sayang apabila dihapus. Adakah cara untuk menyembunyikan mereka tanpa perlu dilenyapkan selamanya?

Pekan ini, Instagram mulai menggulirkan fitur Archive untuk mengatasi masalah tersebut. Archive sebelumnya sudah sempat dujicoba ke sebagian pengguna pada Mei lalu.

Bulan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PetaPixel, Kamis (15/6/2017), Archive sudah tersedia untuk semua pengguna.

Archieve didefinisikan sebagai fitur untuk memindahkan foto-foto tertentu -misalnya foto-foto awal yang norak tadi- ke tempat arsip khusus yang hanya bisa dilihat oleh si pemilik akun Instagram.

“Profil adalah representasi diri Anda dan berevolusi seiring dengan waktu. Dengan Archive, kini Anda punya fleksibilitas lebih dalam membentuk profil sambil tetap mengabadikan momen-momen penting,” sebut Instagram dalam sebuah posting berisi pengumuman.

Cara memakainya mudah saja. Pengguna cukup membuka posting foto yang ingin dipindahkan, klik tanda tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Archive”. Foto pun akan ditransfer ke ruang arsip khusus sehingga tak terlihat di timeline utama.

Ruang arsip yang menyimpan foto bisa dikunjungi dengan mengklik icon berbentuk jam di bagian atas laman profil pengguna. Apabila ingin mengembalikan foto yang telah diarsip ke tempatnya semula di linimasa, buka foto yang bersangkutan, klik icon tiga titik dan pilih opsi “Show on Profile”.

Archive tersedia di aplikasi Instagram mulai versi 10.21 di iOS dan Android. Pengguna bisa mengunduhnya di toko aplikasi masing-masing platform.



Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X