Kompas.com - 18/06/2017, 16:20 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, Twitter bisa jadi hal yang menyenangkan dan menarik untuk terus dikunjungi. Bagi sebagian lain, media sosial microblogging tersebut justru terasa penuh dengan ujaran kebencian yang mengganggu.

Jika Anda tergolong pada yang kedua, merasa bahwa Twitter jadi suatu ganguan, mungkin sudah saatnya untuk berhenti berkicau dengan menutup Akun Anda.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Trusted Review, Minggu (18/6/2017), menghapus akun Twitter sebenarnya mudah. Namun untuk menghapus akun tersebut selamanya, Anda perlu menempuh beberapa langkah.

Selama ini, pilihan Deactivate yang ada dalam menu Pengaturan Twitter sebenarnya hanya berfungsi menghapus akun untuk sementara. Bila pengguna kembali log in, maka akun tersebut akan hidup lagi.

Nah, untuk menghapusnya secara permanen, cobalah untuk melakukan langkah berikut ini:

1. Masuk ke dalam akun Twitter Anda melalui desktop. Jangan masuk memakai aplikasi. Jika menggunakan smartphone, masuknya melalui browser yang sudah diatur agar membuka situs sesuai dengan tampilan desktop.

2. Masuk ke Account Setting dan carilah tombol "Deactivate my account" di bagian bawah. Bila muncul pertanyaan, klik saja pilihan “Okay, fine, deactivate account”.

3. Masukkan password Anda untuk melakukan verfikasi. Dan berikutnya akun Twitter akan dihapus untuk sementara waktu.

Pasca melakukan ini, akun Twitter Anda tak akan langsung menghilang. Biasanya akan terjadi delay, sehingga akun Anda masih akan tetap terlihat selama beberapa hari.

4. Setelah melalui ketiga langkah di atas, pastikan Anda tidak membuka akun Twitter tersebut sama sekali dalam durasi 30 hari.

5. Setelah lewat durasi 30 hari, Twitter akan secara otomatis menghapus seluruh data mengenai akun Anda dari dalam sistem. Penghapusan ini terjadi dalam rentang satu pekan, sebelum seluruh data benar-benar hilang.

6. Jangan lupa bahwa Twitter tidak bisa mengendalikan berbagai layanan buatan perusahaan lain, yang biasanya menyimpan cache atau copy dari profil Twitter Anda.

Meski akun Anda sudah benar-benar hilang dari Twitter, cacher tersebut tetap bisa digunakan untuk melihat isi profil yang sempat tersimpan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.