4 Layanan "Streaming" Musik supaya Mudik Tak Membosankan

Kompas.com - 19/06/2017, 19:53 WIB
Ilustrasi wccftechIlustrasi
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Perjalanan mudik yang jauh dan diselingi macet kerap jadi membosankan. Untungnya, dengan kemajuan teknologi, ada berbagai cara untuk mengusir kebosanan, misalnya dengan mendengarkan lagu-lagu favorit yang disusun dalam sebuah playlist.

Saat ini, Anda sudah tidak perlu menghabiskn waktu berjam-jam untuk mengunduh lagu dan membuatnya dalam bentuk playlist.

Pengguna tinggal memanfaatkan layanan music streaming untuk melakukan hal tersebut. Selain lebih cepat dan lengkap, layanan seperti menyediakan lagu secara legal alias bukan bajakan.

Layanan semacam ini memang memanfaatkan koneksi internet. Namun, jika tidak ingin memangkas kuota utama, pengguna bisa memanfaatkan paket data khusus musik dari operator telekomunikasi tertentu. Paket tersebut tidak akan memangkas kuota internet utama, melainkan kuota data khusus untuk aplikasi streaming musik tertentu.

Saat ini, ada berbagai aplikasi music streaming yang beroperasi secara resmi di Indonesia. Berikut ini, empat layanan yang KompasTekno pilih untuk menemani perjalanan mudik Anda.

1. Spotify

Spotify hadir dalam versi gratis dan juga berbayar. Pada versi gratis, lagu yang ada disisipi oleh iklan. Pengguna juga tidak bisa skip atau melewati lagu dalam playlist. Kualitas musik pun tidak bisa dipilih yang teratas. 

Pada layanan berbayar, pengguna bisa mendengarkan semua koleksi lagu yang ada, mendapatkan fitur streaming dengan kualitas HD (320 kbps), dan skip lagu di playlist.

Bukan itu saja fitur yang menarik. Spotify mengizinkan Anda membuat playlist yang bisa dibagikan melalui WhatsApp dan dibuka untuk kolaborasi, sehingga bisa dipakai untuk membuat playlist bersama.

Nah, sebelum mudik siapkanlah sebuah playlist yang dibuka untuk kolaborasi dan bagikan dengan keluarga atau teman seperjalanan. Minta mereka untuk memasukkan lagu kesukaannya ke dalam playlist itu. Berikutnya, sambungkan ke perangkat audio di mobil untuk mendengarnya bersama.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk diunduh di Android dan iOS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X