Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Cortana Bisa Geser Google Assistant di Android

Kompas.com - 20/06/2017, 09:56 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Alih-alih Google Assistant, kini bisa Cortana yang muncul ketika pengguna Android menekan dan menahan jari beberapa saat di tombol home untuk memanggil software asisten digital.

Usai diperbarui akhir pekan lalu, software besutan Microsoft itu kini bisa menggeser posisi Google Assistant sebagai aplikasi asisten digital default di ponsel Android.

Pengguna akan ditanya soal ini ketika meluncurkan Cortana untuk kali pertama. Apabila pengguna setuju memilih Cortana ketimbang Google Play, selanjutnya akan ditampilkan layar konfigurasi aplikasi default.

Cortana akan menampilkan overlay ala Google Asistant di layar ponsel ketika dipanggil melalui tombol shortcut asisten digital, yakni tombol home yang ditekan dan ditahan beberapa saat tadi.

Semua setting Cortana dari desktop Windows 10 -apabila sebelumnya dipakai oleh pengguna di PC- akan ikut diboyong ke Android, termasuk reminder dan daftar destinasi favorit.

Sayang, masih ada beberapa kekurangan. Misalnya, tak seperti Google Assistant yang akan muncul begitu mendengar ucapan “Ok Google”, Cortana belum bisa diluncurkan melalui perintah suara.

Informasi yang dirangkum KomapasTekno dari TechRadar, Selasa (20/6/2017), menyebutkan bahwa Cortana juga belum bisa digunakan ketika perangkat berada dalam orientasi portrait.

Cortana terbaru versi 2.8.0 bisa diunduh di toko aplikasi Google Play. Di changelog tertulis kalimat, antara lain “Kini Anda bisa meyetel Cortana sebagai asisten default di Android!”.

Baca: Microsoft Larang Cortana Pakai Google dan Chrome

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com