Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mencari Masjid Terdekat Pakai Google Maps saat Mudik

Kompas.com - 21/06/2017, 19:18 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Perjalanan mudik melalui jalur Pantura bisa memakan waktu berjam-jam, terlebih jika terjebak macet. Terkadang di tengah perjalanan yang panjang, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti mencari masjid, SPBU, minimarket, atau rumah makan terdekat.

Sebelumnya, hal ini dilakukan dengan cara bertanya atau berhenti setelah menemukannya saja. Kini, pemudik bisa mencari lokasi-lokasi pemberhentian itu dengan cara lebih pintar, mengandalkan aplikasi Google Maps di perangkat mobile.

Melakukan pencarian bisa dilakukan dengan mudah, cukup ketik kata kunci seperti "Masjid", "Mushola", "Rest Area", "Rumah makan", atau kata kunci lain yang diinginkan di kolom pencarian Google Maps. Di aplikasi mobile, kolom pencarian berada di bagian paling atas layar.

Setelah memasukkan keyword, Google Maps bakal menampilkan lokasi-lokasi dalam radius tertentu. Anda bisa memilih lokasi yang diinginkan. Jika tidak ada lokasi yang dituju, cobalah menggunakan kata kunci lain.

Setelah memilih destinasi, pengguna bisa memilih menu "Direction" di bagian bawah. Menu ini berguna untuk memberi panduan arah ke lokasi tujuan.

Bisa juga pakai suara

Selain menggunakan input teks, pengguna Android khususnya bisa memanfaatkan asisten digital Google Assistant. Fitur ini hanya tersedia di smartphone Android yang telah menjalankan sistem operasi Android 7.0 "Nougat".

Untuk melakukannya, Anda cukup mengatakan "Ok, Google" ke mic smartphone. Setelah itu, Google Assistant akan aktif secara otomatis. Anda akan ditanya oleh asisten digital besutan Google itu akan hal apa yang ingin Anda cari.

Anda bisa memberi perintah seperti "tunjukkan SPBU terdekat", atau "tunjukkan rumah makan terdekat", atau apa pun yang ingin Anda cari. Google Assistant akan menampilkan hasil pencarian di layar, sama seperti pencarian menggunakan teks.

Fitur ini sangat berguna apabila Anda tidak bisa memegang smartphone, seperti saat menyetir kendaraan di jalan.

Baca: Cara Pakai Google Maps Offline saat Mudik

Masih pada Maps, Google juga menghadirkan fitur jadwal KRL secara real-time. Pengguna dapat mengetahui estimasi perjalanan sekaligus menghindari kemacetan selama periode mudik. Pengguna juga bisa berbagi lokasi perjalanan dengan kerabat secara real-time melalui Maps.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com