Kompas.com - 22/06/2017, 20:35 WIB
Suasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana Gerbang Tol (GT) Salatiga Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ruas tol ini akan dibuka secara fungsional pada H-7 hingga H+7 Lebaran.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Setelah menguji jaringan internet operator seluler dari Jakarta ke Tegal hingga Semarang, KompasTekno memasuki etape terakhir. Pengujian terakhir dilakukan di jalur Semarang menuju Yogyakarta.

Pengujian di dilakukan selama dua hari, dari 8 hingga 9 Juni 2017. Ada lima kartu SIM yang diuji sebagai perwakilan masing-masing operator seluler di Indonesia, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison Tri Indonesia (Tri), dan Smartfren.

Sama seperti sebelumnya, KompasTekno menempatkan diri sebagai pengguna (user) biasa yang menggunakan internet mobile, seperti browsing, streaming, membuka aplikasi media sosial, dan sesekali bermain game online.

Untuk mendapatkan data pendukung dari sisi teknis, KompasTekno menggunakan aplikasi penguji jaringan Nperf. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Pengambilan sample dengan aplikasi Nperf dilakukan setiap 50 kilometer sekali.

Sebagai catatan, pengujian dilakukan pada H-20 Idul Fitri. Di saat itu, para operator seluler sudah mulai mengintensifkan jaringan mereka di sepanjang jalur mudik, seperti penguatan sinyal, penambahan kapasitas, dan sebagainya.

Namun peranti pendukung seperti BTS mobile tambahan yang bisa dipakai untuk menguatkan sinyal di wilayah-wilayah tertentu, belum disebar oleh operator-operator seluler.

Nah, penasaran dengan kinerja internet lima operator seluler di jalur Semarang - Yogyakarta? Mari kita simak pengujiannya.

Semarang - Salatiga

Jalur yang ditempuh KompasTekno dari Semarang ke Yogyakarta melewati Salatiga. Jalur ini sengaja dipilih setelah mempertimbangkan faktor bakal dioperasikannya jalan tol baru Semarang - Salatiga. Selain itu, pemandangan ikonik gerbang tol Salatiga dengan latar gunung Merbabu di belakangnya juga menjadi faktor pendukung

Foto ini sempat viral dan menjadi perbincangan netizen di Indonesia. Berdasarkan hal ini, KompasTekno memprediksi bakal banyak pemudik yang menempuh Yogyakarta melalui tol Salatiga.

Di kota Semarang sendiri, performa jaringan internet lima operator seluler bisa diandalkan, terlebih di pusat-pusat keramaian seperti Simpang Lima, Masjid Raya, dan lokasi-lokasi wisata seperti Lawang Sewu dan kelenteng Sam Po Kong.

Di wilayah-wilayah tersebut, kecepatan rata-rata download Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo, dan Smartfren rata-rata berkisar 5 hingga 11 Mbps. Sinyal 4G Telkomsel paling sering didapat walau berpindah-pindah lokasi.

Sementara Tri, seperti dalam pengujian sebelum-sebelumnya, konsisten dengan koneksi 3G+ dengan kecepatan download rata-rata 1 hingga 5 Mbps.

Keluar kota Semarang, memasuki area tol Semarang - Bawen, performa beberapa operator seluler sempat menurun, seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Tri. KompasTekno sempat kesulitan browsing di area tersebut yang merupakan jalan raya yang membelah perbukitan. Streaming YouTube pun beberapa ada yang terhenti, dan beberapa turun ke kualitas rendah.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.