Benarkah Ponsel Murah Sulit Mencari Sinyal GPS?

Kompas.com - 23/06/2017, 10:10 WIB
Software GPS Test digunakan untuk mengukur kinerja GPS di empat ponsel, yakni Samsung Galaxy S8 (paling kiri), Oppo F3 (kedua dari kiri), Xiaomi Redmi 4x (paling kanan), dan Galaxy A5 2017. Oik Yusuf/ KOMPAS.comSoftware GPS Test digunakan untuk mengukur kinerja GPS di empat ponsel, yakni Samsung Galaxy S8 (paling kiri), Oppo F3 (kedua dari kiri), Xiaomi Redmi 4x (paling kanan), dan Galaxy A5 2017.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di kalangan pengguna gadget, beredar anggapan bahwa smartphone murah biasanya memiliki kinerja GPS yang tak sebagus perangkat mahal, terutama jika menggunakan prosesor bikinan MediaTek.

Beberapa model chip bikinan MediaTek memang sempat dilaporkan bermasalah dengan penerimaan sinyal GPS, entah kesulitan mengunci posisi, tidak stabil, atau tidak akurat. Tapi itu dulu, beberapa tahun lalu.

Bagaimana dengan chip MediaTek modern, apakah masih terkendala masalah serupa? Untuk menemukan jawabannya, KompasTekno memboyong Oppo F3 dalam perjalanan produksi Web Series Mudik Smart 2017.

Oppo F3 menggunakan chip octa-core MediaTek MT6750T 1,5 GHz dengan dukungan Assisted GPS (A-GPS). Ponsel ini termasuk kategori kelas menengah dengan banderol sebesar Rp 4,4 juta di pasaran Indonesia.

Baca: Apa Itu GPS dan Cara Kerjanya

KompasTekno memakai Oppo F3 untuk keperluan navigasi sepanjang perjalanan yang berawal dari Jakarta menuju Tegal, Semarang, dan akhirnya Yogyakarta.

Pembanding

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oppo F3 tak sendirian. Sejumlah ponsel lain ikut dibawa sebagai pembanding, yakni Xiaomi Redmi 4x (Snapdragon 435) mewakili perangkat entry level, Galaxy A5 2017 (Exynos 7880) yang juga dari kelas menengah, dan Galaxy S8 (Exynos 8895) sebagai perwakilan perangkat kelas atas.

Selain software Google Maps dengan offline maps yang telah diunduh sebelumnya supaya tak bergantung pada sinyal seluler, KompasTekno juga menjalankan aplikasi GPS Test untuk mengamati penerimaan sinyal GPS dari masing-masing perangkat.

GPS Test mampu mendeteksi berapa banyak satelit yang “terlihat” di langit oleh perangkat berikut kekuatan penerimaan sinyal dari tiap satelit. Kecepatan mengunci posisi saat pertama kali mengakses GPS (first fix) ikut diukur, begitu juga dengan akurasi kompas dan pengukuran kecepatan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.