Meningkat, Penumpang Go-Jek Tujuan Masjid Saat Ramadhan

Kompas.com - 23/06/2017, 14:13 WIB
Menu transportasi mobil Go-Car di tampilan aplikasi Go-Jek versi terbaru Yoga Hastyadi Widiartanto/ KOMPAS.comMenu transportasi mobil Go-Car di tampilan aplikasi Go-Jek versi terbaru
Penulis Deliusno
|

KOMPAS.com - Go-Jek berbagi berbagai data seputar perilaku pengguna jasanya selama masa Ramadhan 2017. Salah satu data yang menarik perhatian adalah meningkatnya permintaan untuk mengantar ke masjid.

VP of Business Intelligence Go-Jek Crystal Widjaja membeberkan, pada minggu pertama bulan Ramadhan, perjalanan ke masjid-masjid populer di Jakarta secara rata-rata meningkat hingga 58,01 persen dari hari biasa.

Selain itu, terjadi pergeseran rush hour (waktu sibuk) untuk pemesanan makanan lewat layanan Go-Food selama bulan Ramadhan ini. Jumlah pemesanan makan siang (pukul 12.00 hingga 13.00 WIB) yang biasanya ramai, turun hingga lebih dari 25 persen selama bulan puasa.

Jumlah pemesanan meningkat hingga ratusan persen terjadi pada waktu sahur, yakni sekitar pukul 03.00 pagi. Jumlah pemesanan, masih menurut Crystal, meningkat hingga lebih dari 450 persen.

Di bulan ini, kesadaran para pelanggan Go-Jek untuk berbagi juga meningkat. Hal tersebut diketahui pihak Go-Jek setelah mengamati jumlah tips yang diberikan melalui fitur Go-Pay.

Secara rata-rata, selama ini satu dari lima penumpang Go-Jek memberikan uang tambahan kepada para driver. Di bulan Ramadhan ini, jumlah tersebut meningkat, yakni satu dari empat penumpang memberikan tips.

Menurut Go-Jek, peningkatan tips itu membuat jumlah pemasukkan rata-rata total seluruh pendapatan driver per harinya mencapai Rp 400 juta, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Blog Go-Jek, Jumat (23/6/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para pelanggan Go-Jek juga berbagi atau berdonasi melalui layanan Go-Tix. Tahun ini, pihak perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim itu mengadakan kerja sama dengan beberapa rumah donasi, seperti Rumah Zakat, Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save The Children Indonesia, WeCare.id, dan SOS Children's Village.

Hasilnya, lebih dari 3.000 pengguna Go-Jek berkontribusi dengan jumlah donasi lebih dari Rp 100 juta. Dibandingkan tahun lalu, jumlah donasi itu meningkat hingga lebih dari 60 persen.

Data-data itu sendiri disiapkan oleh tim Business Intelligence Go-Jek. Laporan lengkapnya bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.