Memotret Obyek Wisata di Jalur Mudik dengan 4 Smartphone Kamera Ganda

Kompas.com - 24/06/2017, 19:11 WIB
Searah jarum jam, dari atas ke bawah: Kamera ganda di punggung LG G6, Xiaomi Mi 6, Coolpad Cool Dual, dan Asus ZenFone Zoom S. Gambar tidak sesuai skala. Asus, Coolpad, LG, XiaomiSearah jarum jam, dari atas ke bawah: Kamera ganda di punggung LG G6, Xiaomi Mi 6, Coolpad Cool Dual, dan Asus ZenFone Zoom S. Gambar tidak sesuai skala.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kamera ganda sudah mulai banyak dikedepankan oleh smartphone baru di 2017. Jika sebelumnya hanya terbatas di kelas atas, fitur yang satu ini sekarang bisa pula ditemukan di perangkat menengah dengan harga Rp 3 jutaan.

Selama perjalanan produksi Web Series Mudik Smart 2017 ke tiga kota di Jawa Tengah, KompasTekno membawa empat ponsel berkamera ganda, yakni Asus ZenFone Zoom S, Coolpad Cool Dual, LG G6, dan Xiaomi Mi 6.

Keempat ponsel mengusung model kamera ganda yang unik dan berbeda dari lainnya. Ada yang memadukan lensa wide standar dengan lensa tele. Sebaliknya, ada juga yang memilih pasangan lensa wide standar dan lensa ultra-wide.

KompasTekno menjajal mereka saat mengunjungi kota Tegal, Semarang, dan Yogyakarta. Masing-masing dari smartphone berkamera ganda ternyata mampu menghasilkan jepretan dengan ciri khas sendiri saat dipakai memotret aneka obyek wisata dalam perjalanan

Seperti apa perbedaan hasil fotonya? Simak penuturan singkat KompasTekno berikut ini.

Empat ponsel, empat harga

Sebelum melangkah ke foto, mari lebih dulu cermati perbedaan keempat ponsel berkamera ganda.

ZenFone Zoom S adalah salah satu smartphone terbaru dari Asus yang dibekali kamera wide dengan focal length ekuivalen full-frame 25mm (f/1.7) dan kamera short tele dengan focal length 59mm (f/2.8). Di Indonesia, ponsel papan tengah ini dibanderol seharga Rp 6 juta

Coolpad Cool Dual adalah produk termurah di antara keempat ponsel kamera ganda. Banderolnya Rp 3,2 juta. Kedua kamera Cool Dual memiliki focal length yang sama, tapi jenis sensornya berbeda, yakni sensor warna dan monokrom (resolusi keduanya 13 megapiksel) yang menjepret di waktu bersamaan. Foto dari kedua kamera kemudian digabungkan dalam satu frame akhir untuk meningkatkan detil dan kualitas keseluruhan.

Berbeda dari ZenFone Zoom S, LG G6 mengambil pendekatan sebaliknya melalui kombinasi kamera standar dengan focal length setara 30mm (f/1.8) dan kamera ultra wide dengan focal length setara 12mm (f/2.4). Luas bidang pandang kamera ultra wide mencapai 125 derajat. Berbeda dari G5 sebelumnya, dua kamera G6 kini dibekali sensor yang sama bagusnya dengan resolusi 13 megapiksel. Banderol G6 merupakan yang termahal di angka Rp 9 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X