Video Buatan Pria Indonesia Ini Pukau Sutradara "Star Wars"

Kompas.com - 30/06/2017, 19:56 WIB
Wahyu Ichwandardi Didit Putra/KompasWahyu Ichwandardi
Penulis Deliusno
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Wahyu Ichwandardi, ilustrator asal Indonesia, kembali bikin heboh dunia internet. Kali ini, ia membuat ulang trailer film Star Wars: The Last Jedi dalam tampilan animasi retro ala video game.

Kerja keras Pinot, nama panggilannya, dalam membuat video trailer tersebut membuahkan hasil luar biasa. Selain kepuasan diri, karyanya ini dipuji banyak orang. Salah satunya adalah Rian Johnson, sang sutradara dari film Star Wars: The Last Jedi.


Mark Hammill, aktor dari Luke Skywalker di film Star Wars, juga memberikan like di post yang diunggah Pinot.

Uniknya, Pinot membuat trailer tersebut dengan menggunakan perangkat jadul dari tahun 1984, Apple IIc.

Pinot, yang menetap di New York, AS, menggambar animasi trailer tersebut dengan menggunakan perangkat tablet KoalaPad yang dirilis pada tahun '80-an.

Aplikasi yang digunakannya sendiri Dazzle Draw, juga dirilis pada tahun 1984.

Proses pembuatan trailer ini cukup rumit, mengingat Pinot menggunakan perangkat dari tahun '80-an. Ia harus menggambar tiap layer menggunakan tangan, kemudian menggunakan lembar plastik yang ditaruh di atas monitor untuk menggambar tiap frame dari trailer aslinya.

Untuk proses pembuatan videonya sendiri dapat disaksikan di bawah ini.


Proses pembuatan video pun tidak berjalan sebentar. Pinot menghabiskan waktu selama tiga minggu untuk menyelesaikannya.

Selain itu, Pinot menggunakan 48 disket, masing-masing berkapasitas 149 KB untuk menyimpan data. Di dalam disket tersebut, Pinot menyimpan 288 gambar dengan total besar 6 MB, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Jumat (30/6/2017).

Hasilnya luar biasa keren. Anda bisa melihatnya dalam video di bagian bawah.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X