Waspada Virus Petya, Jangan Langsung Nyalakan Komputer Usai Libur Lebaran!

Kompas.com - 03/07/2017, 06:54 WIB
Pesan yang ditampilkan ransomware Petya alias NotPetya alias GoldenEye di layar setelah berhasil mengunci komputer korban dengan enkripsi. The InquirerPesan yang ditampilkan ransomware Petya alias NotPetya alias GoldenEye di layar setelah berhasil mengunci komputer korban dengan enkripsi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Belum lagi ingatan mengenai WannaCry pudar, muncul lagi virus komputer/program jahat baru yang kembali mengincar komputer-komputer kantor di seluruh dunia.

Petya, sang virus alias ransomware itu, bahkan lebih “jahat” dibandingkan WannaCry karena tidak sekadar mengunci file di harddisk, tapi melumpuhkan seluruh komputer.

Petya mengunci komputer dengan enkripsi dua lapis. Enkripsi pertama mengunci file sasaran secara indvidual. Enkripsi kedua mengunci struktur partition table NTFS di harddisk sehingga komputer tidak bisa masuk ke sistem operasi. (Baca: Kena Ransomware, Rumah Sakit Ini Terpaksa Bayar Tebusan Rp 226 Juta)

Si virus Petya juga menjalankan instruksi khusus yang memaksa sistem crash dan reboot sehingga komputer tidak bisa dipakai, sampai korban membayar tebusan senilai 300 dollar AS yang diminta. (Baca: Apa Itu Bitcoin, Tebusan yang Diminta Hacker WannaCry?)

Peneliti keamanan Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan kasus infeksi virus Petya di Indonesia dikhawatirkan belum banyak diketahui lantaran kantor-kantor masih meliburkan diri dalam rangka musim mudik Lebaran 2017.

“Mungkin pas Senin (3/7/2017) baru ketahuan pas balik dari liburan,” kata Alfons kepada KompasTekno melalui pesan singkat.

Oleh karena itu, seperti dalam kasus WannaCry yang merebak Mei lalu, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII)  mengimbau para pekerja  agar tak langsung menyalakan komputer ketika masuk kantor pagi ini.

Baca: Apa Itu Virus Komputer Ransomware Petya?

Cara pencegahan

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) Imbauan dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) untuk tidak langsung menyalakan komputer kantor pada hari Senin (3/7/2017) saat masuk kerja, untuk mengantisipasi penyebaran ransomware Petya.
Lantas, bagaimana cara mencegah komputer terinfeksi virus ransomware Petya? Id-SIRTII menjelaskan langkah-langkahnya melalui sebuah laman khusus soal itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X