Trafik Data Indosat Capai 3.000 TB di Momen Lebaran

Kompas.com - 03/07/2017, 16:09 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Model memamerkan kartu perdana Indosat IM3 yang kini berubah nama menjadi IM3 Ooredoo.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo mengklaim berhasil melayani pelanggan dengan baik selama masa-masa mudik dan Lebaran 2017. Trafik telekomunikasi khususnya trafik layanan data meningkat cukup signifikan.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (3/7/2017), di puncak hari Lebaran (25/6/2017), trafik layanan data Indosat Ooredoo meningkat sebesar 113,60 persen dibanding tahun sebelumnya (2016), menjadi sekitar 2.813,18 Terabyte/hari.

Bila dibandingkan dengan trafik data Indosat Ooredoo harian reguler, trafik data pada Idul Fitri 2017 meningkat sebesar 39,52 persen.
 
Peningkatan trafik data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi pada hari puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran, dimana trafik data di hari H-3 Lebaran meningkat menjadi sekitar 3.102,10 Terabyte/hari, atau naik 53,85 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Baca: Indosat Menyerah dari Bisnis Digital, Ini Alasannya

Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan media sosial di masyarakat, terutama aktifitas komunikasi menggunakan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa Lebaran.
 
Berbeda dengan layanan data, trafik layanan suara dan SMS cenderung turun selama Lebaran 2017. Bila dibandingkan dengan trafik reguler harian biasa, trafik voice pada hari Lebaran mengalami penurunan menjadi sekitar 286,52 Juta menit, atau turun sekitar 14,45 persen  dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi  sekitar 321,12 Juta SMS, atau turun 31,40 persen.
 
”Performansi jaringan Lebaran Indosat Ooredoo yang dapat melayani pelanggan dengan baik ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan Indosat Ooredoo," ujar Umar Hadi,  Group Head Network Operations Indosat Ooredoo.

Peningkatan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 7344 Terabyte/hari, kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, dan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari.
 
Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya.

Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.

Baca: Indosat Ooredoo Tandatangani Pembelian Satelit Palapa-N1 dari China

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X