Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Layak Ditunggu dari Galaxy Note 8?

Kompas.com - 03/07/2017, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Dua smartphone Samsung yang selalu dinantikan setiap tahun adalah seri Galaxy S dan Galaxy Note. Setelah Galaxy S8/S8+ sudah meluncur sejak Maret lalu, perhatian pun beralih ke seri Galaxy Note mendatang, yakni Galaxy Note 8.?

Kehadirannya menjadi lebih menarik karena pendahulunya tahun lalu, Note 7, menjadi perbincangan berbagai pihak akibat beberapa insiden terbakar saat digunakan kosumen.

Kasus terbakarnya Note 7 karena masalah baterai ini akhirnya berujung pada ditariknya produk tersebut di pasaran.?Tentu saja Samsung tidak akan melakukan dua kali kesalahan yang sama (masalah baterai) pada Note 8.

Janji Samsung untuk mengusung baterai yang lebih aman terindikasi pada bocoran kapasitas baterai Note 8 (3.300 mAh) yang lebih kecil dari Note 7 dan Galaxy S8+ (3.500 mAh).? Kapasitas baterai yang lebih kecil dari S8+ tentu menimbulkan pertanyaan tersendiri dari konsumen seputar daya tahan baterainya.

Ini mengingat bocoran ukuran layar Note 8 (6,3 inci) yang sedikit lebih besar dari S8+ (6,2 inci) yang sudah pasti akan mengkonsumsi baterai lebih besar, dengan catatan teknologi layar keduanya masih sama (Super AMOLED dengan aspect ratio 18,5:9).?

Berkaitan dengan chipset/prosesor, Note 8 diprediksi tidak akan membawa hal baru. Pasalnya, berdasarkan bocoran leakster terpercaya, Evan Blass, Note 8 masih akan diperkuat dengan dua prosesor yang diusung Galaxy S8/S8+, yaitu Qualcomm Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 8895 (tergantung pasarnya).?

Baca: Gambar Desain Galaxy Note 8 Beredar, Usung Kamera Ganda

Meski prosesornya masih sama dengan S8/S8+, performa Note 8 akan lebih responsif dengan kapasitas RAM standarnya yang meningkat menjadi 6 GB (RAM standar S8/S8+/Note 7 4 GB). Tren ini mengikuti smartphone premium lainnya, seperti Xiaomi Mi 5s/6/6 Plus/, OnePlus 3T/5, Asus Zenfone 3 Deluxe, Lenovo Zuk Z2 Pro, dan lain-lain.

?Satu hal yang mungkin bisa mengecewakan pengguna setia Galaxy Note adalah lokasi sensor sidik jari (fingerprint scanner) yang masih berada di sisi belakang (seperti Galaxy S8/S8+).

Masih perlu ditunggu, apakah Samsung masih dapat sedikit memperbaiki posisi sensor tersebut dengan menggesernya ke tengah atau masih pada posisi 'nyeleneh'  di sebelah sensor kamera.?

Rencana untuk menempatkan sensor sidik jari di atas layar (in-display fingerprint sensor), seperti yang belum lama diumumkan produsen Vivo tampaknya harus tertunda. Implementasi in-display fingerprint sensor yang tidak mudah dan kuota produksi modul yang tidak tercapai boleh jadi menjadi biang keladi penundaan tersebut.

Alasan ini tidak jauh berbeda dari Apple yang mungkin akan menunda teknologi sidik jari yang sama pada iPhone 8.???Lalu, masih adakah fitur andalan yang menjadi daya tarik konsumen untuk membeli Note 8 jika dibandingkan S8/S8+ atau smartphone premium lainnya? Sudah pasti ada.

Salah satu fitur yang paling dinantikan adalah kehadiran perdana teknologi kamera ganda (dual camera) Samsung yang dikenal andal.?

Samsung Galaxy Note 8 bakal mengusung kamera ganda utama (belakang) dengan kombinasi dua sensor 12 MP dengan fitur OIS (optical image stabilisation.

Samsung termasuk produsen smartphone yang belakangan mengadopsi teknologi kamera ganda, jadi sudah pasti banyak yang menantikan kemampuan kameranya saat dirilis nanti.?Indikasi kehadiran teknologi kamera ganda sudah tercium saat Samsung mengumumkan merek ISOCELL image sensor di ajang MWC 2017 Shanghai belum lama ini.

ISOCELL image sensor akan mengusung teknologi sensor yang meliputi ISOCELL Bright sensor, ISOCELL Fast Sensor, ISOCELL Slim sensor, dan ISOCELL Dual sensor.?Teknologi sensor yang terakhir inilah (ISOCELL Dual sensor) yang diyakini akan diterapkan pada Galaxy Note 8 nantinya.

Apakah semua unit Note 8 nantinya akan sepenuhnya mengandalkan teknologi kamera ISOCELL atau masih juga mengandalkan sensor Sony IMX untuk sebagain unitnya? Kita tunggu saja nanti.?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com