Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan "Fingerprint", iPhone 8 Dikunci Pakai Wajah?

Kompas.com - 05/07/2017, 08:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Bocoran tampang iPhone 8 yang beredar sejauh ini memperlihatkan bahwa ponsel tersebut bakal memiliki bagian depan yang nyaris sepenuhnya tertutup layar OLED.

Lantaran hal tersebut, iPhone 8 diduga tidak akan bisa menanamkan fitur pemindai sidik jari di sisi muka, seperti model-model iPhone sebelumnya.

Setidaknya begitulah menurut nota yang dirilis oleh Ming-Chi Kuo, analis KGI Securities yang dikenal sebagai “pembocor ulung” dan kerap kali memprediksi produk masa depan Apple dengan akurat.

Kuo beralasan, Apple masih menghadapi kendala teknis, sehingga pemindai sidik jari belum bisa ditanam di bawah layar iPhone 8.

“Desain full-screen tidak bisa bekerja dengan pengenalan sidik jari secara capacitive yang ada saat ini,” katanya dalam nota yang dirilis untuk investor itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (5/7/2017).

Dia juga menampik dugaan bahwa pemindai sidik jari bakal ditempatkan di punggung atau tempat lain seperti diintegrasikan dengan tombol daya. Analis ini yakin iPhone 8 tidak akan memiliki pemindai sidik jari dalam bentuk apa pun.

Sebagai ganti fingerprint scanner, Kuo mengatakan iPhone 8 bakal mengandalkan teknologi sekuriti lain, yakni pengenalan wajah pengguna lewat kamera depan yang mendukung 3D depth sensing.

Kamera depan ini disebut sanggup mengenali wajah dengan lebih akurat, sekligus meningkatkan kualitas foto selfie pengguna.

Selai iPhone 8, Apple kabarnya juga akan meluncurkan dua model iPhone lain pada 2017, yakni iPhone 7S dan iPhone 7S Plus yang lebih konvensional dengan layar LCD.

Kuo memprediksi ketika iPhone akan diumumkan dalam sebuah acara September mendatang, namun ketersediaan iPhone 8 mungkin bakal tertunda.

Baca: Android Rp 1,3 Juta Punya Pemindai Sidik Jari dan USB-C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com