Kompas.com - 05/07/2017, 08:27 WIB
ilustrasi iPhone 8 MacRumorsilustrasi iPhone 8
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bocoran tampang iPhone 8 yang beredar sejauh ini memperlihatkan bahwa ponsel tersebut bakal memiliki bagian depan yang nyaris sepenuhnya tertutup layar OLED.

Lantaran hal tersebut, iPhone 8 diduga tidak akan bisa menanamkan fitur pemindai sidik jari di sisi muka, seperti model-model iPhone sebelumnya.

Setidaknya begitulah menurut nota yang dirilis oleh Ming-Chi Kuo, analis KGI Securities yang dikenal sebagai “pembocor ulung” dan kerap kali memprediksi produk masa depan Apple dengan akurat.

Kuo beralasan, Apple masih menghadapi kendala teknis, sehingga pemindai sidik jari belum bisa ditanam di bawah layar iPhone 8.

“Desain full-screen tidak bisa bekerja dengan pengenalan sidik jari secara capacitive yang ada saat ini,” katanya dalam nota yang dirilis untuk investor itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (5/7/2017).

Dia juga menampik dugaan bahwa pemindai sidik jari bakal ditempatkan di punggung atau tempat lain seperti diintegrasikan dengan tombol daya. Analis ini yakin iPhone 8 tidak akan memiliki pemindai sidik jari dalam bentuk apa pun.

Sebagai ganti fingerprint scanner, Kuo mengatakan iPhone 8 bakal mengandalkan teknologi sekuriti lain, yakni pengenalan wajah pengguna lewat kamera depan yang mendukung 3D depth sensing.

Kamera depan ini disebut sanggup mengenali wajah dengan lebih akurat, sekligus meningkatkan kualitas foto selfie pengguna.

Selai iPhone 8, Apple kabarnya juga akan meluncurkan dua model iPhone lain pada 2017, yakni iPhone 7S dan iPhone 7S Plus yang lebih konvensional dengan layar LCD.

Kuo memprediksi ketika iPhone akan diumumkan dalam sebuah acara September mendatang, namun ketersediaan iPhone 8 mungkin bakal tertunda.

Baca: Android Rp 1,3 Juta Punya Pemindai Sidik Jari dan USB-C

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.