Smartphone Nokia Bakal Ditenagai "Chip" Xiaomi?

Kompas.com - 05/07/2017, 14:21 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan chipset buatannya bernama “Surge S1” pada awal tahun ini. Chipset itu berisi prosesor octa-core yang terdiri dari empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan 2.2 GHz dan empat inti Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 GHz.

Prosesor itu dipasangkan dengan unit grafis MP4 Mali-T680. Dari spesifikasinya, Surge S1 bisa dibilang menyasar perangkat kelas menengah ke atas alias upper mid-range.

Contoh ponsel Xiaomi yang cocok dengan Surge S1 adalah Mi 5c. Namun agaknya vendor lain pun sudah melirik chipset tersebut, salah satunya Nokia.

Menurut sumber dalam, HMD Global yang kini memegang hak lisensi ponsel Nokia tertarik menggunakan Surge S1 untuk lini Nokia berikutnya.

Sumber yang enggan jika identitasnya diumbar tersebut mengatakan bahwa HMD Global dan Xiaomi telah menandatangani kerja sama untuk ini, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dihimpun KompasTekno, Rabu (5/7/2017).

Seperti disinggung sebelumnya, chipset Surge S1 bukan untuk ponsel flagship, namun bukan juga untuk menengah ke bawah. HMD Global diduga kuat tengah mempersiapkan lini-lini menengah ke atas yang baru dan mengandalkan Surge S1.

Belum jelas apakah Surge S1 hanya untuk ponsel yang dipasarkan di China atau bisa mengglobal. Pasalnya, belum ada penjelasan rinci apakah Surge S1 sudah bisa menangani jaringan LTE global.

?Diketahui, di Amerika Serikat sendiri saja ada banyak syarat spesifikasi pada chipset yang harus dipenuhi untuk menunjang kinerja operator telekomunikasi.

Terlepas dari itu, langkah Xiaomi membuat chipset sendiri perlu diapresiasi. Setidaknya ini bisa memotivasi vendor China lain untuk berinovasi dan mengembangkan chipset masing-masing yang lebih cepat dan baik. Dengan begitu, industri chipset bisa lebih beragam dengan alternatif yang lebih kaya selain Qualcomm dan MediaTek.

Baca: Uji Jatuh Nokia 3310 Reborn, Kuat atau Ringkih?


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.