Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Speaker Pintar Samsung Tantang Google dan Amazon

Kompas.com - 06/07/2017, 07:26 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan bakal masuk ke industri smart speaker, menyusul Google dan Amazon. Setidaknya begitu menurut sumber dalam yang familiar dengan hal tersebut.

Menurut dia, nama kode internal untuk proyek smart speaker itu dinamai “Vega”. Proyek Vega itu kabarnya bukan hal yang benar-benar baru. Pengembangannya sudah sejak tahun 2016 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (6/7/2017) dari WSJ.

Meski demikian, Samsung masih menutup rapat informasi soal Proyek Vega tersebut. Jika rumor ini benar, Proyek Vega bakal jadi penantang baru bagi Amazon Echo dan Google Home yang sudah wara-wiri di pasaran.

Kedua smart speaker tersebut merupakan implementasi Internet of Things yang menghubungkan perangkat pintar lain seperti smart home appliances, smart cars, dan smart offices.

Baca: Samsung Rilis Speaker HW-K950 di Indonesia, Dijual Seharga Motor

Microsoft Ilustrasi software asisten digital Cortana di smartphone.
Berbekal kecerdasan asisten digital Bixby, smart speaker Samsung bisa menyalakan dan mematikan lampu, menyetel thermostat, memberikan informasi cuaca dan informasi lainnya, hingga menyetel musik dan mengunci mobil.

Menjadi tren baru

Basis dari smart speaker itu adalah asisten digital. Jika Google Home menggunakan Assistant dan Amazon Echo menggunakan Alexa, maka Samsung Vega diduga kuat menggunakan Bixby. Perlu dicatat bahwa performa Bixby saat ini belum maksimal dan masih akan ditingkatkan bagi pengguna Samsung Galaxy S8.

Pada dasarnya, pabrikan yang telah mengembangkan asisten digital agaknya akan mengarah ke pengembangan smart speaker. Sebelumnya, Micrrosoft juga memperkenalkan smart speaker bernama “Invoke” yang dipersenjatai asisten Cortana.

Invoke sendiri bakal dirilis akhir tahun ini. Salah satu keunggulannya adalah keterhubungan dengan Skype untuk melakukan panggilan.

Selain Microsoft, Apple juga tengah mempersiapkan perilisan perangkat smart speaker bernama “HomePod” pada Desember mendatang. Alibaba Group juga digadang-gadang mengembangkan smart speaker khusus untuk pasar China.

Jika sudah begini, tak heran Samsung pun tertarik mengikuti tren smart speaker melalui Project Vega. Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari Samsung. Kita tunggu saja.

Baca: Line Rilis Speaker Pintar Wave, Pesaing Google Home

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com