Intel dan McAfee Sepakat Damai soal Nama

Kompas.com - 06/07/2017, 18:19 WIB
Perintis piranti lunak anti-virus John McAfee dituduh melakukan pembunuhan atas seorang warga negara AS di Belize, Amerika Tengah. POLICIA NACIONAL CIVIL / AFPPerintis piranti lunak anti-virus John McAfee dituduh melakukan pembunuhan atas seorang warga negara AS di Belize, Amerika Tengah.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pendiri perusahan antivirus McAfee Inc., John McAfee, terlibat sengketa dengan Intel karena berupaya menggunakan namanya sendiri untuk proyek lain.

Hal ini berakar dari akuisisi Intel atas perushaan antivirus McAfee Inc. seingga Intel menilai penggunaan nama “McAfee” oleh John merupakan pelanggaran terhadap merk dagang yang dimiliki Intel.

McAfee pun mengajukan gugatan hukum atas Intel agar bisa memakai namanya sendiri untuk perusahaan game dan sekuriti siber “John McAfee Global technologies Inc.” yang didirikannya.

Intel menyerang balik dengan menuding bahwa McAfee melakukan pelanggatan trademark dan berkompetisi secara tidak fair. Intel menuntut ganti rugi, tapi nilainya tidak disebutkan.

Belakangan, kedua pihak melunak dan memilih berdamai. Gugatan hukum masing-masing telah dibatalkan oleh pengadilan negeri AS di Manhattan pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (6/7/2017).

Dalam perjanjian damai, McAfee setuju tidak menggunakan namanya sendiri, mendaftarkan merk dagang atas nama “McAfee”, “John McAfee Privacy Phone”, atau memakai nama “John McAfee Global Technologies” untuk produk atau layanan yang termasuk dalam ranah sekuriti dan sekuriti siber.

Meski demikian, McAfee masih punya hak menggunakan namanya dalam kegiatan periklanan, promosi, dan presentasi, termasuk soal peranannya dalam McAfee Associates.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada April lalu, Intel menjual 51 persen saham McAfee -yang kini bernama McAfee LLC- ke firma investasi TPG Capital. Intel masih memegang saham sebesar 49 persen di McAfee.

Baca: Intel Disebut Bakal Melego McAfee



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X