Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel dan McAfee Sepakat Damai soal Nama

Kompas.com - 06/07/2017, 18:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pendiri perusahan antivirus McAfee Inc., John McAfee, terlibat sengketa dengan Intel karena berupaya menggunakan namanya sendiri untuk proyek lain.

Hal ini berakar dari akuisisi Intel atas perushaan antivirus McAfee Inc. seingga Intel menilai penggunaan nama “McAfee” oleh John merupakan pelanggaran terhadap merk dagang yang dimiliki Intel.

McAfee pun mengajukan gugatan hukum atas Intel agar bisa memakai namanya sendiri untuk perusahaan game dan sekuriti siber “John McAfee Global technologies Inc.” yang didirikannya.

Intel menyerang balik dengan menuding bahwa McAfee melakukan pelanggatan trademark dan berkompetisi secara tidak fair. Intel menuntut ganti rugi, tapi nilainya tidak disebutkan.

Belakangan, kedua pihak melunak dan memilih berdamai. Gugatan hukum masing-masing telah dibatalkan oleh pengadilan negeri AS di Manhattan pekan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (6/7/2017).

Dalam perjanjian damai, McAfee setuju tidak menggunakan namanya sendiri, mendaftarkan merk dagang atas nama “McAfee”, “John McAfee Privacy Phone”, atau memakai nama “John McAfee Global Technologies” untuk produk atau layanan yang termasuk dalam ranah sekuriti dan sekuriti siber.

Meski demikian, McAfee masih punya hak menggunakan namanya dalam kegiatan periklanan, promosi, dan presentasi, termasuk soal peranannya dalam McAfee Associates.

Pada April lalu, Intel menjual 51 persen saham McAfee -yang kini bernama McAfee LLC- ke firma investasi TPG Capital. Intel masih memegang saham sebesar 49 persen di McAfee.

Baca: Intel Disebut Bakal Melego McAfee

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com