Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Nokia Bakal Pakai Chip Buatan Xiaomi?

Kompas.com - 09/07/2017, 07:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini, Xiaomi telah memperkenalkan chipset smartphone buatan sendiri. Prosesor bernama Surge S1 itu merupakan model octa-core.

Di dalamnya empat inti Cotex-A53 2,2 GHz untuk menangani pemrosesan berat dan empat inti Cortex-A53 1,4 GHz untuk tugas-tugas ringan.

Ada juga pengolah grafis (GPU) Mali-T680 MP4. Surge S1 ditujukan untuk ponsel kelas menengah-atas, seperti Xiaomi Mi 5C yang kabarnya menggunakan chip tersebut.

Selain untuk dipakai sendiri, rumor yang beredar di China menyebutkan bahwa Xiaomi telah menemukan calon pelanggan untuk Surge S1, yakni Nokia yang produksinya kini ditangani HMD Global.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (9/7/2017), sekarang masih belum jelas benar ponsel Nokia mana yang bakal ditenagai chip buatan Xiaomi. Kemungkinan Nokia bakal menanam Surge S1 di model-model papan tengah semacam Mi 5C.

Apabila benar, maka Nokia oleh jadi akan memakai chip dari sejumlah pabrikan berbeda utnuk ponsel-ponselnya yang akan datang. Selain Xiaomi, ada Qualcomm dan MediaTek yang telah lama menjadi pilihan para pabrikan ponsel.

Kalaupun betul nantinya ponsel Nokia memakai chip Xiaomi, belum diketahui pula apakah produknya akan dijual global atau terbatas di China saja. Ini karena kapabilitas Surge S1 dalam menangani jaringan LTE internasional masih belum jelas.

Baca: Sempat Terpuruk, Xiaomi Akhirnya Bangkit Kembali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com