Ponsel Nokia Bakal Pakai Chip Buatan Xiaomi?

Kompas.com - 09/07/2017, 07:55 WIB
Xiaomi Surge S1 Phone ArenaXiaomi Surge S1
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Tahun ini, Xiaomi telah memperkenalkan chipset smartphone buatan sendiri. Prosesor bernama Surge S1 itu merupakan model octa-core.

Di dalamnya empat inti Cotex-A53 2,2 GHz untuk menangani pemrosesan berat dan empat inti Cortex-A53 1,4 GHz untuk tugas-tugas ringan.

Ada juga pengolah grafis (GPU) Mali-T680 MP4. Surge S1 ditujukan untuk ponsel kelas menengah-atas, seperti Xiaomi Mi 5C yang kabarnya menggunakan chip tersebut.

Selain untuk dipakai sendiri, rumor yang beredar di China menyebutkan bahwa Xiaomi telah menemukan calon pelanggan untuk Surge S1, yakni Nokia yang produksinya kini ditangani HMD Global.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (9/7/2017), sekarang masih belum jelas benar ponsel Nokia mana yang bakal ditenagai chip buatan Xiaomi. Kemungkinan Nokia bakal menanam Surge S1 di model-model papan tengah semacam Mi 5C.

Apabila benar, maka Nokia oleh jadi akan memakai chip dari sejumlah pabrikan berbeda utnuk ponsel-ponselnya yang akan datang. Selain Xiaomi, ada Qualcomm dan MediaTek yang telah lama menjadi pilihan para pabrikan ponsel.

Kalaupun betul nantinya ponsel Nokia memakai chip Xiaomi, belum diketahui pula apakah produknya akan dijual global atau terbatas di China saja. Ini karena kapabilitas Surge S1 dalam menangani jaringan LTE internasional masih belum jelas.

Baca: Sempat Terpuruk, Xiaomi Akhirnya Bangkit Kembali



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X