Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Baru Facebook Merangkap Apartemen dan Mal

Kompas.com - 10/07/2017, 13:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Facebook baru genap dua tahun lalu pindah ke markasnya di Menlo Park, California. Namun, raksasa jejaring sosial itu sudah berencana melakukan ekspansi dengan membangun kompleks kantor baru lagi.

Kompleks yang direncanakan kali ini nantinya bukan hanya akan berperan sebagai lingkungan kantor, melainkan juga tempat tinggal bagi para karyawannya.

Facebook berencana menerapkan konsep "mixed-use village" yang menggabungkan kombinasi shopping mall, apartemen, dan taman perkantoran di "kampus", alias kantor baru bernama "Willow Campus" tersebut.

Keterangan pers yang dirilis oleh Facebook pekan lalu menerangkan bahwa Willow Campus akan berlokasi tepat di belakang kantor Facebook di Melo Park saat ini.

Baca: VLOG: Menjelajahi Kantor Pusat Google di Mountain View

Sebanyak 1.500 unit apartemen disiapkan sebagai tempat tinggal karyawan. "Lima belas persen (200 unit) di antaranya akan disewakan di bawah harga pasar," sebut Facebook dalam keterangan dimaksud.

Tak cuma itu, aneka macam kebutuhan hidup pun bakal turut disediakan di kompleks kantor baru Facebook, termasuk dengan membuka toko bahan makanan dan apotek.

Total bakal ada ruang ritel seluas lebih dari 11.000 meter persegi, sementara ruang kantor yang tersedia seluas lebih dari 160.000 meter persegi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Recode, Senin (10/7/2017).

Facebook akan mengajukan rencana pembangunan Willow Campus ke pemerintah setempat bulan ini. Proses perizinan diperkirakan bakal memakan waktu dua tahun. Pembangunan akan dilakukan bertahap dengan bagian ritel, housing, dan perkantoran diharapkan sudah selesai pada 2021.

Willow Campus akan berfungsi sebagai tambahan bagi kantor lama Facebool, bukan sebagai pengganti. Simak konsepnya dalam video di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com