Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Panic Mode" Tersembunyi di Android, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 11/07/2017, 14:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Google diam-diam menambah fitur yang disebut "Panic Mode" di versi Android Nougat terbaru, yakni 7.1. Fitur ini disembunyikan oleh Google. Apa fungsi mode ini dan mengapa Google menyembunyikannya?

Panic Mode di Android 7.1 "Nougat", dikutip KompasTekno dari BGR, Selasa (11/7/2017), akan memberi peringatan secara otomatis saat pengguna terancam bahaya.

Ancaman bahaya yang dimaksud bukan ancaman di dunia nyata, seperti ditodong atau menghadapi bencana alam. Melainkan ancaman dari dunia maya, yakni malware.

Ya, Panic Mode yang ditambahkan Google di Android 7.1 Nougat adalah fitur anti-malware. Fitur ini bisa membantu pengguna kembali ke Home screen saat aplikasi berbahaya membajak layar pengguna.

Bukan hanya membantu kembali ke layar utama smartphone saja, fitur Panic Mode juga bakal menghapus aplikasi berbahaya tersebut dari smartphone.

Google awalnya menyembunyikan fitur ini di dalam baris kode sistem Android, namun sejumlah pengembang di forum XDA Developers menemukannya.

Alasan mengapa Google menyembunyikannya bisa jadi karena mereka tidak ingin fitur itu diketahui oleh para peretas jahat dengan mudah, sehingga hacker bakal kesulitan untuk menyerangnya saat malware baru dirilis.

Untuk mengetahui bagaimana detil cara Panic Mode bekerja, kunjungi tautan berikut ini.

Baca: Kaspersky Lab Sebut Petya Bukan Virus Penyandera Data

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com