Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Pemandu di Waze dengan Suara Sendiri, Begini Caranya

Kompas.com - 12/07/2017, 15:38 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Waze baru saja memperbarui aplikasinya dengan fitur Voice Recorder, yang berguna untuk merekam suara pengguna dan memasangnya sebagai suara pemandu perjalanan.

Voice Recorder sebenarnya sudah bisa dipakai di smartphone Android sejak sekitar dua pekan lalu. Tapi baru sekarang Waze mengirimkan fitur tersebut ke smartphone dengan sistem operasi iOS.

Hal menarik dari fitur ini adalah Anda bisa merekam suara siapapun kemudian memasangnya sebagai ganti suara pemandu perjalalan. Bahkan, Anda juga bisa membagikan hasil rekaman itu kepada para pengguna lain.

Cara mengubah suara pemandu itu pun mudah. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Rabu (12/7/2017), berikut ini cara untuk memasang suara Anda sebagai pemandu arah di Waze.

Waze Voice Recorder9to5Mac Waze Voice Recorder

Pertama, pasang aplikasi Waze. jika menggunakan Android Anda bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini, jika menggunakan iOS bisa melalui tautan berikut ini.

Kedua, buka Waze dan masuk ke dalam kolom Setting dan lanjutkan ke kolom Sound and Voice. Di dalam kolom ini akan ada terlihat pilihan Voice Direction, sentuh dan masuklah.

Ketiga, pilihlah Record new voice dengan cara menyentuh ikon plus "+" yang ada di sana. Selanjutnya Anda akan masuk ke dalam kolom Voice Recorder yang berisi berbagai kalimat dan panduan untuk merekam suara.

Total ada 39 kalimat yang mesti Anda rekam dengan suara sendiri. Cara merekamnya mudah, cukup sentuh salah satu kata yang tertulis dalam kolom Voice Recorder. Misalnya “All set. Let’s go!” atau “In 200 meters”.

Keempat, setiap kali Anda menyentuh satu kalimat, akan muncul opsi merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat tersebut. Rekamlah dan simpan jika memang Anda sudah merasa cocok dengan hasilnya.

Kemudian ulangi langkah tersebut hingga Anda selesai merekam suara Anda saat mengucapkan kalimat-kalimat itu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.