Kompas.com - 13/07/2017, 09:57 WIB
HP Inc IstHP Inc
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - HP Inc. mengambil alih posisi Lenovo sebagai produsen PC nomor satu dunia di kuartal dua 2017 ini. Prestasi HP ini mengakhiri rekor empat tahun berturut-turut Lenovo sebagai pemimpin pasar PC dunia.

Dikutip KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (13/7/2017), HP menguasai pangsa pasar PC dunia sebesar 20,8 persen, sementara Lenovo 19,9 persen. Data tersebut diperoleh dari riset Gartner.

HP berhasil meningkatkan pengiriman PC lebih cepat dibanding kompetitor, meningkat 3,3 persen menjadi 12,7 juta unit. Selama lima kuartal berturut-turut, pertumbuhan year-over-year HP juga terus naik.

"Menjadi nomor satu di pasar bukan tujuan utama kami," kata Ron Coughlin, President Global Personal System HP Inc.

Coughlin menambahkan, alih-alih meningkatkan pangsa pasar dengan mengorbankan profit, HP lebih fokus ke segmen yang menjanjikan, seperti gaming dan laptop konvertibel.

Pengiriman PC Lenovo sendiri turun 8,4 persen pada kuartal kedua 2017 ini. Menurut Gartner, hal itu disebabkan oleh harga komponen yang semakin tinggi. Kuartal sebelumnya, pangsa pasar Lenovo dan HP hampir setara.

Juru bicara Lenovo sendiri mengklaim bisnis PC-nya tetap memberikan profit yang sehat dan pangsa pasarnya semakin stabil. Perusahaan PC asal China itu kini fokus di segmen yang cepat berkembang, seperti gaming dan perangkat lepas-pasang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dell tetap menjadi pemain PC terbesar ketiga dunia dengan pangsa pasar 14,7 persen. Apple Inc. menyusul di belakangnya dengan raihan 7 persen, unggul tipis dari AsusTek Computer.

Baca: Ini Alasan Komputer Mac Jarang Kena Virus



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X