Nintendo Berhenti Bikin Konsol New 3DS

Kompas.com - 14/07/2017, 14:32 WIB
Nintendo 3DS XL Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comNintendo 3DS XL
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Kehadiran Switch ternyata berdampak pula untuk konsol Nintendo lainnya. Melalui situs resminya di Jepang, Nintendo mengumumkan akan menghentikan produksi dari konsol portable New 3DS.

Nintendo mungkin merasa tidak membutuhkan konsol New 3DS lagi karena Switch bisa berperan sebagai konsol pada umumnya dan handheld sekaligus. Sangat logis apabila Nintendo lebih fokus menjual dan mengembangkan Switch dibandingkan konsol lawas semacam New 3DS.

Penghentian produksi New 3DS sendiri tidak dianggap sebagai kabar yang mengejutkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Jumat (14/7/2017). Pasalnya, konsol ini sudah berumur tiga tahun dan tingkat penjualannya pun tidak sebagus konsol portable Nintendo lainnya, 2DS XL.

Tanda-tanda bahwa Nintendo akan melupakan New 3DS XL sudah tampak sejak ajang E3 2017 yang baru saja berakjir. Kala itu, perusahaan asal Jepang itu hanya mengumumkan tiga judul game baru untuk konsol tersebut.

Baca: Uji Tangguh Nintendo Switch, Terjun Bebas dari Ketinggian 300 Meter

Meski menghentikan produksi New 3DS, Nintendo belum mengumumkan akan menghentikan juga produksi dari 3DS XL. Namun, melihat bahwa tren sudah bergerak ke arah Switch, tampaknya tidak butuh waktu lama untuk melihat konsol "saudara" New 3DS itu mengalami hal yang sama.

New Nintendo 3DS merupakan anggota keluarga keempat dari Nintendo 3DS. Sebelumnya, Nintendo sudah merilis 3DS orisinal, 3DS XL, dan 2DS.

Di konsol versi baru tersebut, Nintendo menghadirkan prosesor dan RAM yang lebih kencang, analog pointing stick, dan tambahan tombol lainnya. Ada juga penambahan NFC di perangkat New 3DS ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Ubergizmo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X