Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Bakal Dapat Guyuran Dana Rp 26 Triliun?

Kompas.com - 16/07/2017, 16:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Grab kabarnya bakal mendapat sejumlah besar tambahan modal dari SoftBank dan Didi Chuxing. Ketiga pihak disinyalir sedang terlibat pembicaraan soal suntikan investasi senilai 2 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 26,6 triliun untuk Grab.

Perjanjian tambahan investasi tersebut diperkirakan bakal rampung dalam beberapa minggu ke depan. Apabila benar, maka nilai Grab akan naik menjadi 5 miliar dollar AS sehingga menjadi perusahaan startup paling bernilai di Asia Tenggara.

Informasi soal suntikan modal ini datang di tengah-tengah upaya Grab untuk bertransformasi menjadi perusahaan consumer technology yang ikut berkecimpung di ranah e-money, di samping jasa transportasi.

September tahun lalu, Grab mengumpulkan modal sebesar 750 juta dollar AS (Rp 9,9 triliun) sehingga menaikkan nilai pasarnya menjadi 3 miliar dollar AS. Grab kini beroperasi di 55 kota di tujuh negara berbeda,

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Minggu (16/7/2017), SoftBank pertama kali menanam modal sebesar 250 juta dollar AS di Grab pada 2014. Perusahaan asal Jepang itu juga berinvestasi di perusahaan ride sharing lain seperti Ola di India dan 99 di Brazil.

Sementara itu, Didi Chuxing adalah raksasa ride sharing di China yang diperkirakan bernilai 50 miliar dollar AS. Tahun lalu, Didi Chuxing berhasil memaksa Uber menyerah bersaing sehingga menjual unit bisnisnya di China.

Baca: Grab Bagi Uang Hingga Rp 133 Juta untuk Peretas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com