Kompas.com - 17/07/2017, 20:38 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Dengan semakin banyaknya vendor-vendor gadget yang mengadopsi tipe konektor jenis baru, benarkah konektor USB kini telah usang dan bakal segera ditinggalkan?

Port USB tradisional sudah lazim dipakai selama 20 tahun sejak pertama kali dikenalkan. Port ini biasa dipakai untuk menghubungkan beragam gadget, seperti kamera, controller, dan sebagainya.

Namun seiring kebutuhan yang meningkat, seperti kecepatan transfer dan isi ulang daya yang lebih cepat, teknologi konektor baru dikenalkan. Seperti USB-C, Thunderbolt, dan Lightning.

Masing-masing port memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin upgrade perangkat atau gadget baru di tahun 2017 ini, ada baiknya mengenal tipe-tipe konektor yang kini mulai populer di gadget-gadget keluaran baru.

USB Type C

USB Type C atau disingkat USB-C adalah konektor yang mirip Micro USB, namun bentuknya lebih pipih. Konektor ini juga bersifat bolak-balik atau simetris, sehingga Anda tak perlu menebak mana sisi atas atau bawah.

MacBook Charger USB CPC World MacBook Charger USB C
USB-C kini banyak dipakai di perangkat mobile seperti Android dan laptop. Selain itu, USB-C juga mulai diadopsi oleh host device seperti desktop, monitor, dan harddisk eksternal.

Kekurangan dari USB-C adalah saat ini port tersebut masih sedikit penggunanya. Jadi, bisa saja Anda memiliki kendala kecocokan konektor dengan perangkat-perangkat lain. Anda butuh adaptor atau docking untuk menghubungkannya.

Selain itu, bermacam-macam jenis adaptor juga dibuat oleh pabrikan pihak ketiga yang secara kualitas juga berbeda-beda.

Thunderbolt 3

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.