China Larang Peredaran Konten "Winnie the Pooh" di Internet, Mengapa?

Kompas.com - 19/07/2017, 16:40 WIB
Meme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh. TheVergeMeme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pemerintah China melarang penyebaran gambar, video, atau mention soal Winnie the Pooh di internet. Kebijakan ini menyusul peredaran meme Presiden China, Xi Jinping, yang pose-posenya banyak disandingkan dengan adegan kartun Winnie the Pooh.

Meme itu menjadi viral dan Xi Jinping agaknya tak suka. Alhasil, penyensoran konten internet berbau Winnie the Pooh diberlakukan sejak pekan ini, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Rabu (19/7/2017).

Saat ini bahkan GIF bertema Winnie the Pooh di aplikasi pesan singkat WeChat tak lagi bisa diakses. Netizen China pun tak bisa protes atau mengeluh layaknya jika ada pemblokiran atau penyensoran di Tanah Air.

Pasalnya, warga China dilarang keras berguyon, mengkritik, apalagi menghina pemimpin dan pemerintah. Apa yang ditetapkan pemerintah hanya boleh dipatuhi, sesuai dengan konsep komunis yang merupakan akar ideologi China sejak dulu.

Baca: Kumpulan Meme Lucu Om Telolet Om di Medsos

Berikut beberapa meme yang memicu penyensoran terhadap semua konten berbau Winnie the Pooh di teritori internet China.

Pertama, meme yang memperlihatkan foto ketika mantan Presiden AS Barrack Obama berjalan dengan Presiden China Xi Jinping. Foto itu disandingkan dengan cuplikan adegan Winnie the Pooh berjalan dengan Tiger.

Kedua, meme yang menunjukkan foto jabatan tangan formal antara Xi Jinping dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Foto tersebut berdampingan dengan Winnie the Pooh berjabat secara kaku dengan Eeyore.

Meme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh.TheVerge Meme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh.
Ketiga, meme yang memperlihatkan foto Xi Jinping berpidato di mobil. Lagi-lagi momentum itu tergambar pada merchandise Winnie the Pooh.

Meme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh.TheVerge Meme Presiden China, XI Jinping, disandingkan dengan Winnie the Pooh.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X