Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kembalikan Akun Keluarga di Spotify Family

Kompas.com - 19/07/2017, 20:17 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Kebingungan melanda pengguna Spotify dengan paket Family Plan. Beberapa pengguna menceritakan, ada anggota keluarga tergabung ke paket Family Plan yang mendadak "ditendang" keluar dari grup.

Setelah diusut lebih lanjut, hal tersebut bisa terjadi karena adanya aturan baru di Spotify. Aturan tersebut mengharuskan bahwa anggota keluarga tinggal di alamat yang sama dengan pemilik akun utama (master account).

Peraturan tersebut tentunya tidak akan menjadi masalah, apabila pengguna masih ingat detail alamat yang diisi di formulir digital saat mendaftar Family Plan. Jika ada anggota keluarga yang terhapus, tinggal undang kembali anggota keluarga itu sambil mengisi alamat tadi.

Ini akan menjadi masalah besar, jika Anda melupakan alamat. Pasalnya, tidak ada satu pun menu di Spotify yang bisa menampilkan detail alamat yang sudah pernah diisi itu.

Baca: Paket Family di Spotify Berubah, Pelanggan Bingung

Lantas, harus bagaimana jika kejadian ini terjadi? Salah satu cara yang bisa dilakukan, mengirimkan e-mail ke Customer Service Spotify.

Cara seperti ini biasanya ampuh karena karyawan Spotify biasanya akan me-reset kembali alamat atau status keanggotaan anggota keluarga yang dikeluhkan. Pengguna tinggal mengundang anggota keluarga tersebut ke Family Plan dan mengikuti prosedur yang ada.

Cara lain

Masalahnya, e-mail ke Spotify butuh waktu lama untuk dibalas. Bisa dibayangkan, Anda bukan satu-satunya yang mengirimkan surat keluhan ke Spotify. Pastinya, butuh beberapa hari sebelum karyawan Spotify membacanya.

Ario Pratomo, salah satu pengguna Spotify, menuliskan kiat untuk cepat mengembalikan status anggota keluarga ke Family Plan. Kiat tersebut dituliskannya di blog resminya di tautan berikut ini.

Pertama, Anda batalkan masa berlangganan Spotify Premium untuk Family. Setelah dibatalkan, akun Anda akan menjadi pelanggan biasa.

Setelah itu, gunakan akun milik anggota keluarga lain untuk berlangganan. Kemudian, isi alamat, simpan alamat itu di tempat yang mudah diingat agar tidak terlupakan lagi.

Undang akun Anda dari akun anggota keluarga lain itu untuk berlangganan. Setelah, itu isi alamat sesuai yang sudah diisikan oleh anggota keluarga lain itu.

Baca: Aplikasi Spotify untuk Windows 10 Sudah Tersedia di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com