Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selundupkan 100 iPhone, Badan Wanita Ini Jadi Tidak Proporsional

Kompas.com - 20/07/2017, 19:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kelakuan wanita penyelundup asal China ini tergolong nekad. Bagaimana tidak, dia coba menyelundupkan lebih dari 100 unit iPhone dengan cara dililitkan di tubuh.

Dengan iPhone sebanyak itu di balik bajunya, penampilan luar sang wanita tersebut menjadi aneh dan tidak proporsional. Dia pun dicegat oleh otoritas bea cukai saat ingin masuk ke Shenzen, China, dari Hong Kong, awal Juli lalu.

Petugas merasa heran lantaran ukuran badan si wanita terlihat sangat besar dibanding kaki dan lengannya yang kurus. Dia juga memakai "terlalu banyak pakaian" untuk cuaca yang sedang panas.

Benar saja, ketika digeledah, ditemukan ada banyak sekali iPhone -kebanyakan model iPhone 6- yang direkatkan di torso dan pinggang sang wanita dengan memakai tape plastik hingga empat lapis.

Sang wanita merekatkan ratusan unit iPhone ke bagian torso dan pinggangnya dengan pembungkus plastik.XMNN Sang wanita merekatkan ratusan unit iPhone ke bagian torso dan pinggangnya dengan pembungkus plastik.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (20/7/2017), total terdapat 102 unit iPhone yang didapat dari penggeledahan. Bukan cuma itu saja, ada juga barang selundupan lain di tubuh sang wanita berupa 15 unit jam tangan mewah.

Berat total dari perangkat-perangkat tersebut mencapai 20 kilogram. Si wanita yang identitasnya tak diungkapkan ini pun dijuluki "iron man perempuan" oleh media-media setempat dalam laporannya.

Apple sebenarnya sudah lama menjual iPhone secara resmi di China. Namun, penyelundupan tetap marak dilakukan karena harga iPhone di China 30 persen lebih mahal dibandingkan di Hong Kong,

Petugas di Shenzen mengatakan biasanya penyelundup hanya coba menyembunyikan kurang dari selusin (12 buah) iPhone. Pada 2015, seorang pria ditangkap karena ketahuan menyelundupkan 94 unit iPhone.

Jumlah 102 iPhone dan 15 jam mewah yang diselundupkan seorang perempuan kali ini memecahkan rekor barang selundupan terbanyak. Tak diketahui apakah dia bertindak sendiri atau merupakan bagian dari jaringan penyelundup yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com