Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Menyerah di Bisnis "Wearable Device"?

Kompas.com - 21/07/2017, 18:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun belakangan, Intel berusaha eksis di ranah gadget wearable device. Raksasa chip ini menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak seperti pabrikan arloji Tag Heuer dan selebriti 50 cent dalam membuat dan mempromosikan berbagai perangkat.

Bisnis wearable Intel disinyalir kurang membuahkan hasil yang memuaskan sehingga perusahaan tersebut sempat dikabarkan bakal menutup unit bisnis terkait pada November tahun lalu, meski kemudian dibantah.

Belakangan, muncul kabar bahwa rencana penutupan itu memang benar adanya. Keterangan sumber yang dikutip CNBC menyebutkan bahwa, pada November 2016, Intel membubarkan 80 persen dari grup wearable Basis yang diakuisisi dua tahun sebelumnya.

Dua minggu lalu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (21/7/2017), Intel menutup grup yang menangani pengembangan gadget health wearable secara keseluruhan.

Divisi New Technologies yang tadinya menekuni wearable kini mengalihkan fokus ke ranah baru yang dinilai lebih menjanjikan, yakni Augmented Reality.

Sebelum akhirnya lempar handuk, Intel sempat berharap bakal menjadi pemain besar seperti Apple dan Fitbit. Intel mengakuisisi Basis pada 2014 senilai 100 juta dollar AS. Pada November 2016, smartwatch Basis Peak mengalami masalah overheating dan terpaksa ditarik dari pasaran.

Meski begitu, Intel saat ini masih mempromosikan chipset Curie bikinannya yang ditujukan untuk gadget wearable, di samping aneka perangkat Internet of Things (IoT).

Baca: Takhta Intel Terancam Samsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com